Maksimalkan Peran Pramuka

ARY/BE
Bupati Rejang Lebong saat menyerahkan penghargaan kepada pramuka berprestasi di Kabupaten Rejang Lebong, penyerahan dilakukan usai upacara peringatan HUT Pramuka ke-57 di Kabupaten Rejang Lebong Selasa (14/8) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi meminta memaksimalkan peran Gerakan Pramuka di Kabupaten Rejang Lebong. Karena menurut bupati, keberadaan organisasi kepanduan tersebut bisa membangun karakter dan mental anak bangsa.

“Saya harap kedepannya peran pramuka bisa lebih maksimal lagi, karena perannya sangat penting untuk membangun karakter dan mental generasi penerus kita,” sampai bupati usai menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT Pramuki ke-57 di halaman Kantor Bupati Rejang Lebong Selasa (14/8) kemarin.

Bupati mendorong akan peran pramuka bisa dimaksimalkan, karena menurutnya Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) memiliki peran yang sangat besar untuk membangun karakter bangsa. Hal tersebut dikarenakan menurutnya Pramuka mewarisi nilai-nilai perjuangan para perjuang.

“Sangat besar harapan saya kepada Pramuka untuk berkiprah yang lebih luas didalam membangun karakter dan spritual,” tambah bupati.

Dalam upaya membangkitkan Pramuka di Kabupaten Rejang Lebong, menurut bupati Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong selalu memberikan dukungan anggaran dengan selalu memberikan anggaran hibah untuk kegiatan Pramuka setiap tahunnya di APBD Kabupaten Rejang Lebong.

Hanya saja, bupati menilai kegiatan kepramukaan di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Rejang Lebong belum berjalan dengan maksimal. Dimana menurutnya tidak ada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama beberapa tahun terakhir. Karena menurut bupati yang ada hanyalah mengirim utusan untuk mengikuti Jambore Nasional tingkat penggalang beberapa waktu lalu dan upacara peringatan setiap tahunnya. Sedangkan untuk kegiatan perkemahan-perkemahan skala besar di Kabupaten Rejang Lebong jarang dilaksanakan.

“Saya nilai Pramuka di Rejang Lebong ini tidak berjalan, karena yang ada cuman upacara dan mengirim perserta ke jambore,” sampai bupati.

Oleh karena itu, bupati mengaku dalam waktu dekat ini akan melakukan evaluasi terhadap kepengurusan Kwarcab Rejang Lebong. Kenapa menurut bupati kegiatan Pramuka di Kabupaten Rejang Lebong dinilainya tidak berjalan, padahal menurutnya anggaran melalui APBD Kabupaten Rejang Lebong selalu dikucurukan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong setiap tahunnya.(251)