Makna Sumpah Pemuda Bagi Charlie Setia Band

SETELAH menyatakan mundur dari ST12, banyak yang memperkirakan karir Charlie Van Houten akan habis. Tapi berkat konsistensi tidak meninggalkan unsur Melayu dalam cengkok vokalnya, Charlie tetap bisa eksis di panggung musik Indonesia.

Sukses di panggung hiburan tidak membuat Charlie cuek dengan persoalan kekinian. Hal ini ditunjukan saat Charlie bersedia ngamen di jalan untuk penggalangan dana pembangunan gedung KPK yang baru. Suaranya pun cukup lantang mengecam perseteruan antara KPK vs Polri beberapa waktu lalu.

Charlie juga seorang musisi yang concern terhadap anak-anak muda. Apa impian Charlie terhadap kalangan muda Indonesia? Berikut petikan wawancara wartawan JPNN, Abu Mandar dengan Charlie Van Houten di salah satu stasiun TV swasta nasional, beberapa hari lalu.

Apa makna hari Sumpah Pemuda buat Charlie?

Hari Sumpah Pemuda jangan hanya jadi seremoni. Kalau saya lebih menjadikan sumpah pemuda sebagai penyemangat agar anak muda Indonesia lebih giat berkarya.

Punya kegiatan khusus di hari Sumpah Pemuda ini?

Berkarya sebenarnya sudah cukup, dengan catatan kita menghasilkan
menghasilkan sesuatu yang baik. Seperti aku yang seorang musisi mencoba membuat lagu-lagu yang baik yang bisa mendorong orang lain juga. Sumpah Pemuda ini seperti sebuah support, sesuatu yang bisa mendorong agar kita memberikan yang terbaik.

Apa yang harusnya dilakukan pemerintah untuk membina generasi muda?

Pemerintah jangan hanya membuat regulasi yang baik. Lebih dari itu, pemerintah harus menanamkan contoh yang baik kepada masyarakat agar bisa berbuat lebih positif lagi. Harus dibuat banyak gerakan dan wadah untuk pemuda.

Pemerintah jangan membuat masyarakat kebingungan dengan lembaga-lembaga pemerintah yang sering bertempur satu sama lain. Lembaga pemerintah harusnya bersinergi untuk membangun generasi penerus dengan baik.

Punya pengalaman menarik saat perayaan Sumpah Pemuda?

Sebenarnya aku sangat merindukan upacara bendera. Dulu aku sering banget ikut upacara, karena dulunya jadi paskibra juga. Ada keindahan tersendiri ikut upacara bendera dan jadi paskibra. Mungkin banyak orang-orang yang merasakan hal seperti itu.

Charlie masih mau ikut upacara bendera?

Kalau saya perhatikan sekarang upacara bendera sudah hampir punah. Aku berkunjung ke SD dan aku pengen bikin upacara bendera. Enggak dalam dalam rangka apa-apa, cuman pengen aja, kayaknya indah banget gitu. Upacara bendera itu menumbuhkan rasa nasionalisme. Membuat kita merasa punya satu kesatuan, kebangsaannya tinggi.

Apa harapan Charlie kepada generasi muda Indonesia?

Buatlah sesuatu yang positif untuk keluarga kita, bangsa kita, negeri kita. Buatlah yang terbaik, jangan terlalu terpengaruh dengan adanya referensi-referensi negatif yang masuknya dari segala arah.***