Majukan UKM, Dekranasda Mukomuko Gandeng BDI Padang

foto A.
IST/BE
Ketua Dekranasda Kabupaten Mukomuko dan pengurus ketika mengunjungi Balai Diklat Industri Padang.

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Mukomuko berkomitmen akan memajukan Usaha Kecil Menengah (UKM). Sebab pengurus Dekranasda Mukomuko akan mengandeng Balai Diklat Industri (BDI) Padang Provinsi Sumatera Barat.
“Direncanakan Dekranasda bekerjasama dengan BDI Padang, untuk tahap awal pelatihan batik dan sulam emas yang akan dilatih adalah perajin UKM di daerah ini,” sampai Ketua Dekranasda Kabupaten Mukomuko, Hj T Nurliyana Absjah didampingi Sekretaris, Nurdiana SE MAP.

Menurutnya, rencana kerjasama itu dimulai di awal Januari 2022 mendatang dan perajin yang akan dilatih sekitar 150 pelaku UKM. Kegiatan ini termasuk salah satu program Bupati, Sapuan – Wabup Wasri dalam mensejahterakan masyarakat menuju perubahan. Kegiatan pelatihan ini nantinya bisa dilaksanakan di BDI Padang atau mendatangkan alat dan Instruktur dari Padang untuk melatih UKM di Mukomuko dan Mukomuko hanya menyiapkan tempat. “Jika para perajin nantinya selesai dilatih, maka akan dapat diterapkan di daerah ini. Dekranasda siap mendukung dan akan dikomunikasi dan berkoordinasi lebih lanjut ke pemerintah daerah,”katanya.

Ini disampaikan, kata Nurdiana, Dekranasda bersama Disperindagkop dan UKM Mukomuko telah mengunjungi proses membatik sulam emas dan kegiatan lainnya yang ada di BDI Padang. “Yang jelas utuk tahap awal, sasarannya bagi UKM untuk menekuni batik dan sulam emas. Karena di Mukomuko telah memiliki batik khas Mukomuko, dan ini harus lebih di promosikan dan tindaklanjuti hingga batik khas Mukomuko lebih dikenal masyarakat luas,” tambah Sekretatis Disperindagkop dan UKM itu.(900)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*