Mahasiswa Kuliah pengabdian masyarakat (KPM) Harus Bisa Memberikan Warna

Ary, pelepasan mahasiswa KPM IAIN Curup (1)
Mahasiswa KPM Harus Bisa Memberikan Warna

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dalam melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), Mahasiswa IAIN Curup diharapkan bisa memberikan warna bagi masyarakat dimana mereka ditempatkan.

“Dalam kegiatan KPM nanti, saya harapkan para mahasiswa bisa memberikan warna bagi masyarakat dimana tempat ia melakasanakan KPM,” sampai Wakil Bupati Rejang Lebong saat penerimaan mahasiswa KPM di Lapangan Kantor Bupati Rejang Lebong Selasa (3/7) kemarin.

Dijelaskan Wabup, mahasiswa KPM harus memberikan warna yaitu dengan menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat tempat mereka mengabdi. Wabup optimis berbekal ilmu pengetahuan yang mereka miliki selama menempuh pendidikan di Kampus IAIN Curup bisa mereka realisasikan selama melaksanakan KMP. “Mahasiswa jangan nya bisa mengkritik saja, karena mengkritik itu memang mudah namun untuk menjadi kreatif itu tidak mudah,” pesan Wabup.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga berharap kepada mahasiswa KPM IAIN Curup dalam meningkatkan kepedulian dan empati terhadap permasalahan yang ada di masyarakat dengan melakukan identifikasi permasalahan serta membantu mengatasinya melalui pemberdayaan potensi masyarakat desa setempat.

Ia juga meminta agar para mahasiswa yang melaksanakan KPM melakukan proses transfer pengetahuan dan keterampilan yang mereka proleh selama mengikuti perkuliahan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing, kepada masyarakat sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan berhasil.

Yang tak kalah pentingnya, kata Wabup, adalah para mahasiswa KPM yang akan berkecimpung dan berhadapan langsung dengan masyarakat, hendaknya dapat menggunakan metode komunikasi yang tepat dan santun sesuai denganadat istiadat masyarakat setempat.

“Saya juga mengharapkan bahwa dalam pelaksanaan KPM ini hendaknya tidak keluar dari koridor atau aturan dengan senantiasa memperhatikan rambu-rambu yang telah ditetapkan,” harap Wabup.

Sementara itu, Wakil Rektor II IAIN Curup, Hendra Harmi MPd menjelaskan kegiatan KPM yang dilaksanakan tahun ini merupakan KPM angkatan ke XXXVI. Dimana menurutnya kegiatan ini akan mereka laksanakan di 42 desa dan kelurahan di tiga kecamatan yang ada di Rejang Lebong yaitu Selupu Rejang, Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya.

“Dalam melaksanakan KPM, kita juga telah bekerjasama dengan beberapa dinas seperti Dinas Sosial untuk melakukan pendataan terhadap warga miskin ditempat mahasiswa kita melaksanakan KPM,” demikian Hendra.(251)