Mahasiswa Buka Bisnis Minuman ‘Manooku’ di Tengah Pandemi

Nopri/BE
Adlan (22) salah satu Mahasiswa di Bengkulu membuka usaha minuman Manooku.

BENGKULU, BE– Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) saat ini menjadi unsur penting untuk mendorong perekonomian nasional di masa pandemi COVID-19 ini.

Pandemi COVID-19 membawa dampak sebagian masyarakat Indonesia terutama masyarakat Bengkulu. Salah satunya, sulitnya mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi karena turunnya sektor ekonomi yang membuat peluang kerja di berbagai tempat semakin kecil.
Meski banyak usaha yang tutup dan karyawan yang terkena PHK, masih ada sebagian orang yang kreatif dan bangkit membuka usaha baru dengan memanfaatkan kondisi ini.

tetapi Karena temannya sudah mempunyai pekerjaan jadi ia sendiri yang menjalankan usaha ini. Lantaran diliburkannya kelas tatap muka, jadi ia berfikir membuat usaha untuk mengisi waktu luang saat dirumah sekaligus dapat membantu perekonomian keluarga. Usaha ini beralamatkan di Jalan Sawah Lebar bersebrangan dengan Kampus Dehasen Bengkulu.

“Saya berdua bersama teman membuka usaha ini, tapi karena dia sudah mempunyai pekerjaan tetap jadi saya sendiri yang mengurus usaha ini, lagian saat itu sedang diliburkanya kelas tatap muka, belajarnya juga daring jadi saya berinisiatif untuk membuka usaha minuman yang lagi trend saat ini,” ujarnya, Kamis (18/02)

Dengan bermacam varian yang disajikan itu menjadi salah satu strategi agar pemebeli bisa untuk memilih rasa apa yang di inginkan. Tak hanya minuman, disini juga menyediakan makanan seperti Tekwan dan Model, hal ini tak lain untuk bisa menambah penghasilan selama berjualan.
“Disini juga ada Tekwan dan Model, agar bisa di duetkan dengan minuman yang saya jual. Hitung-hitung biar nambah penghasilan juga,” ujarnya.

Dengan ide Kreatif berjualan minuman ini Adlan mendapakan omset Rp200 hingga Rp250 ribu per harinya. Ia berharap kedepannya bisa membuka kedai yang lebih besar lagi.

“saya berharap kedepanya bisa membuka kedai yang lebih besar lagi,” katanya.

Adlan menekankan, untuk para generasi muda yang masih ragu merealisasikan ide nya untuk mencoba membuka sebuah usaha maka untuk tidak menunda-nunda lagi, ambil peluang segera realisasikan ide tersebut.

“Karena kalau untuk membuka usaha itu ya harus dicoba, karena kalau tidak maka kita telah menyia-nyiakan kesempatan yang ada, memulainya juga tidak perlu terburu-buru yang penting yakin dan tekun.” tutup dia. (Mg14)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*