Mahasiswa Bengkulu Kuliah Umum Bersama Ketua DPRD Kota Bengkulu.


Bengkulu, bengkuluekspress.com – Puluhan mahasiswa yang terdiri dari Universitas Bengkulu (Unib), Universitas Dehasen (Unived), dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB)  jurusan komunikasi dan jurnalistik, datang Kantor DPRD Kota Bengkulu Jumat (22/05) pagi. Tujuan mereka bukan melakukan aksi unjuk rasa , namun mereka mengikuti kuliah umum bersama Ketua DPRD Kota Bengkulu Erna Sari Dewi, SE di Ruang Sidang. Kuliah umum dibuka oleh moderator dari dosen aktif Unib Ilmu Sosial Politik Lamsir Samsinaga, S.Sos, M.Si. Sebelum menyampaikan materi, Erna sempat memberikan guyonan kepada mahasiswa yang sedang duduk di bangku anggota perwakilan rakyat itu.

“Selamat datang untuk adik adik semuanya, semoga adik adik semua nanti dapat duduk juga disini juga ya,” ujar Erna.

[Best_Wordpress_Gallery id=”24″ gal_title=”Kuliah Umum DPRD Kota”]

Dalam kuliahnya, materi yang disampaikan berupa pengertian sidang serta tata cara pelaksanaan saat sidang berlangsung, seperti pelaksanaan rapat sidang paripurna, pleno dan komisi. Selain itu, materi pembahasan menyampaikan pengertian bentuk bentuk persidangan.

“Sidang bertujuan untuk mencari jalan keluar atas masalah yang terjadi, menyatukan banyak pikiran untuk dijadikan solusi pemecahan masalah, menjadikan kesepakatan bersama bagi peserta sidang dengan mekanisme yang dibuat dan diberlakukan bersama dengan tujuan agar menuai hasil yang transparan, aspiratif dan demokratis.” papar Erna dalam materinya.

Menurut salah satu mahasiswa Unib jurusan komunikasi Rangga Putra mengungkapkan, dengan kuliah umum itu dirinya beserta rekan kuliahnya mendapatkan motivasi serta kesempatan baik dalam mengetahui kinerja profesi sebagai Anggota Dewan.

“Materi kuliah umum ini sangat bermanfaat bagi kami, karena kesempatan yang baik ini sangat jarang kami ikuti. Dalam kuliah ini kami mendapatkan ilmu tentang kinerja sebagai wakil rakyat,” terangnya.

Di akhir kegiatan, setiap mahasiswa yang hadir disilahkan mengajukan pertanyaan terkait materi kuliah umum berlangsung. Banyak pertanyaan mengacu terhadap kinerja anggota DPRD Kota Bengkulu yang kurang dari setahun ini. Salah satunya pertanyaan yang dilontarkan oleh salah satu mahasiswi Universitas Bengkulu bernama Shinta Anita Fakultas Fisipol jurusan Ilmu Politik semester dua ini yang isi materinya yang merujuk kinerja para anggota dewan itu.

“Untuk kinerja kedepannya, apa yang menjadi pokok pembangunan penting yang perlu dilakukan anggota dewan untuk membangun Kota Bengkulu,” ujar Shinta.

Pertanyaan yang dilontarkan itu langsung diterima baik oleh Anggota DPRD Kota Bengkulu, point penting disampaikan oleh Ketua DPRD, dikatakan olehnya kinerja kedepanya DPRD Kota Bengkulu dapat meningkatkan kembali aset serta pembangunan yang berlum tercapai.

“Aspek penting kinerja para anggota DPRD Kota Bengkulu yakni mengembalikan inventaris aset Kota, karena selama ini dalam pemeriksaan BPK terdapat rapor merah. Disamping itu, pembangunan pembangunan sekolah sangat perlu diperhatikan sejalan dengan itu semua dapat dilakukan dengan cara dorongan serta pengawasan juga dari masyarakat,” terang Erna.

Kuliah umum yang berjalan kurang lebih dua jam itu diikuti oleh Wakil Komisi III DPRD Kota Bengkulu Susdimani, S.Sos, Seketaris Komisi III DPRD Kota Bengkulu Rena Anggraini SP, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Bengkulu serta para dosen lainnya. (Ronal/Prw)