Magister Ekonomi UNIB Jadi Pilihan Utama

–Dr. Dra. Purmini, M,Sc–

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Program Magister Ekonomi Terapan (MET) Universitas Bengkulu (UNIB), tetap menjadi pilihan utama. Meskipun di Universitas lain di Bengkulu, sudah membuka program yang sama, tetapi Magister Ekonomi di Unib tetap diutamakan bagi calon mahasiswa. Program MET ini didirikan guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan tentang ahli perencanaan pembangunan dan sekaligus ikut membantu pemerintah daerah dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Program ini berdiri dan mulai menerima mahasiswa pada 2006.

Sekretaris Prodi Magister Ekonomi Terapan (MET) UNIB Dr Dra Purmini MSc mengungkapkan, Magister Ekonomi Terapan ini bertujuan menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang perencanaan pembangunan atau keuangan daerah. Lalu, menyiapkan lulusan yang terampil menggunakan berbagai alat analisis dibidang perencanaan pembangunan atau keuangan daerah. Juga menyiapkan lulusan yang mampu bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat. Kemudian, menyiapkan lulusan yang memilki sikap profesional, adaptif, antisipatif, dan kreatif. Purmini juga menjelaskan bahwa program MET ini sebelumnya bernama Magister Perencanaan Pembangunan.

“Dikarenakan adanya perubahan nomenklatur dari pusat jadi berganti nama menjadi Magister Ekonomi Terapan (MET) tetapi kurikulumnya masih tetap sama,” ujarnya.

Ia mengungkapkan antusias calon mahasiswa masih tetap sama dari tahun ketahun banyak juga yang berasal dari luar Provinsi Bengkulu.Kelebihannya jika ambil S2 disini bisa melanjutkan S3 Ilmu Ekonomi juga disini karena ditempat lain belum ada. “Biasanya banyak instansi pemerintah yang ambil dikarena kan konsentrasi kita kan perencanaan pembangunan dan keuangan daerah jadi lebih masuk ke instansi pemerintahan,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan mahasiswa yang mengambil program MET ini akan diberi mata kuliah matrikulasi (4 Mata Kuliah 8 sks) seperti Ekonomi Mikro dan Makro Pengantar, Matematika, dan statistik dengan tujuan untuk menyamakan pemahaman tentang ilmu ekonomika dan alat analisisnya yang memiliki latar belakang pendidikan S1 diluar ilmu ekonomi atau mempunyai latar belakang disiplin ilmu ekonomi namun sudah lama bekerja atau belum mempunyai dasar ilmu ekonomi yang cukup layak, sehingga dapat mengikuti program reguler dengan baik. (Cik13)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*