Magang Kerja ke Jepang Gaji Hingga Rp15 Juta

PELUANG: Plt Gubernur Bengkulu DR H Rohidin Mersyah MMA menjalin kerjasama dengan negara Jepang, dalam penyaluran tenaga magang kerja di jepang ditahun 2017 ini.
PELUANG: Plt Gubernur Bengkulu DR H Rohidin Mersyah MMA menjalin kerjasama dengan negara Jepang, dalam penyaluran tenaga magang kerja di jepang ditahun 2017 ini.

Daftarkan Segera Ke Dinsnakertrans

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu mulai membuka pendaftaran bagi para lulusan SMA/SMK, Diploma atau sarjana di Provinsi Bengkulu yang ingin magang kerja di Jepang ditahun 2017 ini.

Pendaftaran telah dibuka mulai 23 Oktober sampai 15 November 2017, di kantor Disnakertrans Provinsi Bengkulu di Bidang Pelatihan dan Produktivitas. “Anak-anak muda ini akan magang kerja di jepang selama lima tahun. Tiga tahun magang kerja dan dua tahun diberi pembinaan agar pulang ke Indonesia nantinya bisa menjadi pengusaha yang akan membuka lahan pekerjaan bagi orang lain.

Dengan gaji perbulan antara Rp 10 hingga Rp 15 juta,” kata Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Jauhari, SH.

Program magang ke sejumlah negara industri seperti Jepang, Korea, dan Taiwan menjadi salah satu alternatif untuk mmencetak tenaga kerja Profesional sekaligus mengurangi angka pengangguran di Tanah Air khususnya di Provinsi Bengkulu.

“Bahwa program kerjasama antara Pemprov Bengkulu dengan Kementerian Tenaga Kerja RI serta Pemerintah Jepang ini adalah sebagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran di Provinsi Bengkulu. Untuk dapat mengikuti program ini, ada seleksi ketat yang harus dilalui,” katanya.

Dalam program pemagangan ini, para peserta akan mendapat pelatihan selama 6 bulan hingga 1 tahun Nantinya setelah magang, mereka akan mendapatkan sertifikat dari setiap perusahaan yang mereka tempati.

“Adapun untuk kuota di Provinsi Bengkulu, tak ada batasan, semua anak-anak muda yang memenuhi persyaratan bisa menikuti magang ini. Jadi ini merupakan kesempatan yang luas bagi yang belum memiliki pekerjaan,” ajaknya.

Adapun syarat-syarat dasar adalah berdomisili di Provinsi Bengkulu, berijazah SMA/STM, Diploma atau sarjana Teknik, Diploma atau sarjana sosial, memiliki sertifikat latihan kerja, usia minimal 19 tahun 6 bulan, maksimal 26 tahun baik lulusan SMU dan Diploma atau sarjana, dan 18 tahun untuk lulusan SMK jurusan Teknik, berbadan sehat.

Surat lamaran di tujukan kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, serta syarat-syarat lainnya.

“Untuk peserta harus memiliki sertifikat latihan kerja yang dikeluarkan oleh Balai Latihan Kerja/ Loka Latihan Kerja/ Lembaga Latihan Kerja pemerintah atau swasta dengan bidang keterampilan kejuruan bangunan, mekanik, listrik, industri, mekanisme pertanian, juru gambar, dan teknik kimia,” Ucap Kabid Pelatihan dan Produktivitas Jauhari, SH. (Any)