Magang ke Jepang, Tak Diminati

Foto; Edi Kasman

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Sejak dibuka program magang ke Jepang oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemnakertrans RI) bagi lulusan SLTA/SMK sederajat berusia 18-26 tahun seluruh Indonesia. Khusus kaum hawa atau perempuan di Mukomuko belum ada yang berminat. Ini dibuktikan, belum ada satupun perempuan yang mendaftar.

”Untuk sementara, baru enam orang yang mendaftar, empat orang langsung daftar ke kantor dan dua orang daftar secara online dan semuanya laki-laki,” sampai Kepala Dinas Penanamann Modal, Pelayanan Perizinan dan Tenaga Kerja (DPMPPTK) Mukomuko, Edi Kasman melalui Kasi Pelatihan dan Produktivitas – Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja, Ulliatul Annisa SH.

Kendati demikian, DPMPPTK Kabupaten Mukomuko masih menunggu pendaftar hingga 20 April mendatang. Bagi peminat program ini dapat mendaftar langsung ke instansi tersebut atau melalui online. Program dari pemerintah pusat ini merupakan kesempatan memperoleh keterampilan kerja bagi pemuda-pemudi Kabupaten Mukomuko.



Pihaknya ditargetkan agar dapat mengirim sebanyak 15 orang atau masing-masing kecamatan satu untuk mengikuti program magang ke Jepang tersebut. ”Kita ditargetkan sebanyak 15 orang, waktu masih cukup panjang. Diharapkan bagi pemuda dan pemudi yang ingin mendaftar agar segera dipersiapkan berkas persyaratan dan diserahkan ke OPD tersebut. Sehingga akan ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang telah ditentukan pemerintah,” lanjut Ulliatul Annisa.(900)