Madrasah Swasta Butuh Perhatian

M Luthfi SAg MPd
M Luthfi SAg MPd

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Seluruh madrasah swasta yang berada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini belum memiliki gadung yang memadai. Demikian disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Islam (Pendis) Kantor Kemenag Kabupaten Benteng, M Luthfi SAg MPd, kemarin.

“Dari hasil kunjungan yang kami lakukan, hampir seluruh madrasah swasta membutuhkan perhatian berupa pembangunan gedung,” ungkap Lutfi.

Lebih lanjut dijelaskan Luthfi, saat ini Kabupaten Benteng memiliki 16 madrasah ibtidaiyah (MI), meliputi 5 MI swasta dan 11 MI Negeri. Selanjutnya, 10 madrasah Tsanawiyah (MTs), meliputi 2 MTs Negeri dan 8 MTs swasa. Selain itu, 8 Madrasah Aliyah (MA) yang meliputi 1 MA Negeri dan 7 MA swasta.

“Kemenag selaku pihak yang bertanggung jawab tentu saja akan memperjuangkan akan seluruh madrasah swasta bisa mendapatkan bantuan,” imbuhnya.

Meski demikian, jelas Lutfi, penyaluran bantuan tidak bisa dilakukan sesuka hati. Melainkan harus didasarkan pada usulan yang disampaikan oleh masing-masing madrasah.

Dengan adanya proposal usulan, kata Lutfi, barulah pihaknya menindaklanjuti usulan tersebut dengan menyampaikannya ke Kantor Kementerian Agama Pusat melalui Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu.

“Pada tahun ini, dari DIPA Kementerian Agama RI tak ada anggaran untuk bantuan fisik khusus sekolah agama di Kabupaten Benteng. Akan tetapi, usulan akan terus kami sampaikan dan berharap bisa diakomodir pada tahun berikutnya,” pinta Lutfi. (135)