Lurah Harus Sigap

SEKDA-KEPAHIANG-ZAMZAMI-ZUBIR-2
Iwan Zamzami Zubir

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Seluruh Lurah di lingkungan Kabupaten Kepahiang diminta aktif mengecek lingkungan kerja. Jika ada permasalahan di tengah masyarakat, mesti gesit menyampaikan laporan sesuai dengan aturan, supaya bisa ditindak lanjuti oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang serta tidak terjadinya gejolak ditengah masyarakat.

Ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kepahiang, Zamzami Zubir SE MM, penempatan tugas seorang lurah diharapkan bisa menginventarisir permasalahan di lingkungan warga. Kemudian menyampaikan laporan keatasan, agar pemerintah daerah bisa mengambil langkah tetap dalam melakukan kebijakan. “Kalau ada masalahan yang harus dicek ke lapangan apa masalahnya. Kemudian persoalan itu kalau tidak bisa selesai ditingkat kelurahan laporkan keatasan, supaya pemerintah bisa mengambil sikap,” ujar Zamzami.

Menurutnya, Lurah merupakan perpanjangan tangan pemerintah daerah dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat. Sudah seharusnya seluruh lurah berperan aktif mengetahui persoalan disetiap lingkungan masyarakat. Agar bisa dicarikan solusi pada setiap permasalahan.

“Tiap ada permasalahan dilingkungan masyarakat, jika bisa diselesaikan ditingkat Kelurahan maka segera diselesaikan. Tapi jika ada kendala lain, hingga tidak bisa diselesaikan maka laporkan kepada pemerintah daerah, supaya pemerintah mengetahui masalahnya dan bisa menentukan tindakan tepat,” ungkap Zamzami.

Dikatakannya, penempatan seorang pemimpian disetiap tingkatan bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pelayanan kepada rakyat. Agar semua program kebijkan yang diambil kepada daerah bisa menyentuh kebutuhan masyarakat hingga ditingkat bawah. “Peran lurah dan jajaran sangat penting untuk mengetahui persoalannya warganya,” tutur Zamzami. (320)