Lurah Harapkan Penerima KIP & KIS Didata Langsung

PUT, BE – Program Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang sudah diluncurkan di Jakarta, diharapkan segera sampai ke daerah.  Lurah Padang Ulak Tanding, Cik Asan berharap penerima KIP dan KIS didata oleh petugas dengan langsung terjun ke lapangan atau mensurvei masyarakat yang berhak menerima.  Mengingat program-program sebelumya yang prinsipnya hampir sama, kebanyakan petugas hanya mengambil data dari badan statistik.

“Kalau memang programnya diluncurkan, harapan saya penerima langsung didata oleh petugas agar jangan terjadi ada warga yang berhak menerima malah tidak terdata.   Jangan seperti program yang hampir sama selama ini, petugas hanya mengambil data dari badan statistik,” ungkap Cik Asan kepada BE, kemarin.

Sebagai informasi, Senin lalu (3/11), Presiden Joko Widodo telah resmi meluncurkan KIP dan KIS di Kantor Pos Jakarta. Dari data, KIS akan dibagikan kepada sekitar 88,1 juta warga yang menjadi sasaran.  Pemegang KIS ditanggung pemerintah melalui BPJS.  Sementara KIP menyasar 24 juta anak miskin yang sekolah, ditambah dengan anak miskin tidak sekolah dengan harapan agar bersekolah kembali. (222)