Lurah Dijanjikan Naik Jabatan

Helmi Hasan

Jika Dana Kelurahan Terserap

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota Bengkulu hingga kini masih optimis dana kelurahan bisa terserap maksimal hingga Desember mendatang. Namun dalam pencairan tahap II ini, baru ada 4 kelurahan yang sudah mencairkan dana tersebut. Walikota memastikan 4 Kepala lurah tersebut akan dipromosikan naik jabatan.

“Lurah yang telah mencairkan dana tahap dua, nanti kita naikkan menjadi pejabat eselon III. Targetnya dalam minggu ini,” kata Walikota Bengkulu, Helmi Hasan saat memimpin rapat evaluasi di kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota, kemarin (26/11).

Diketahui, kelurahan yang sudah mencairkan dana tahap ke II ini yakni Kelurahan Malabero, Kelurahan Pondok Besi, Kelurahan Berkas dan Kelurahan Kebun Kenanga. Sementara itu, Kepala BPKAD, Ir Arif Gunadi mengharapkan hingga tanggal 10 Desember mendatang minimal ada 10 kelurahan yang mencairkan dana tahap II tersebut. “Hari ini ada 4 kelurahan yang mencairkan dana, dan mudah-mudahan dalam 1-2 hari ini ada perubahan signifikan sehingga dana kelurahan bisa dicairkan,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini hampir seluruh kelurahan sudah menyelesaikan dana tahap I, dan sedang dalam proses pencairan selanjutnya. Selain itu, ia juga membenarkan bahwa terkait arahan Walikota tentang menaikkan jabatan lurah dari eselon IV menjadi eselon III. “Nanti tinggal bagaimana Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) menindaklanjuti itu,” jelas Arif.

Hal ini dianggap sebagai reward bagi lurah yang mampu menjalankan dana kelurahan tersebut dengan baik dan cepat, menginggat sejak dijalankannya program dana kelurahan ini sudah banyak lurah-lurah yang tidak sanggup dan mengundurkan diri. “Sebagai reward, begitupun dengan lurah yang tidak ada progres dana kelurahan maka akan diberi punishment. Maka dari itu tidak perlu takut lagi karena tinggal sedikit lagi dan ada pendampingan,” pungkasnya. (805)