Lulusan UN Terbaik IPA dan IPS Tak Menyangka, Ingin ke Unsri dan UI

Rona wajah yang tak percaya masih terpancar di wajah Dwi Fitri Mareta dan Esa Restu Kusuma. Bagaimana tidak, kedua siswa SMAN 5 Kota Bengkulu ini mengaku tidak pernah membayangkan apalagi bermimpi akan menjadi siswa yang mendapatkan peringkat 1 terbaik bidang studi IPA dan IPS. Tak pernah meniatkan apapun atas keberhasilan ini. Kedua siswa ini mengaku semakin siap meraih cita-citanya menjadi mahasiswa Kedokteran Unsri dan Sastra Inggris Universitas Indonesia. Bagaimana ceritanya, berikut laporannya;

FITRIANI, Kota Bengkulu
“Masa sih mbak, aku dapat nilai terbaik,” ungkap Esa Restu Kusuma ketika dihubungi wartawan koran ini. Esa yang saat itu tengah berada di tempat bimbingan belajarnya ini masih mengaku tidak percaya. Bahkan putra tunggal dari pasangan Kusuma dan Indrawati ini mengaku tak pernah bermimpi apa lagi berkhayal mendapatkan nilai terbaik. Baginya, belajar dengan giat sudah merupakan keharusan apabila ingin terus melanjutkan pendidikan apalagi ingin menjadi salah satu mahasiswa universitas favorit di pulau Jawa.
“Kalau memang benar, Alhamdulilah sekali,” ujarnya polos. Hal yang sama juga dikatakan Dwi Fitri Mareta. Putri dari pasangan Junaidi dan Can Cahaya Wati yang bekerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dan juga Kantor Sekretariat Provinsi ini juga tak merasakan firasat apapun. Apalagi nilai yang didapatkannya sangat tinggi dibandingkan teman-temannya yaitu 56,70 dari 6 mata pelajaran yang diujikan. “Alhamdulilah,” ucapnya singkat. Menurutnya, tak sia-sia pengorbanannya belajar setiap hari baik di sekolah maupun di rumah. Kini Dwi mengaku sudah sangat lega dengan hasil yang diperolehnya. Ia akan lebih memfokuskan diri meraih cita-citanya menjadi dokter. Kedua siswa ini pun juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh dewan guru dan kepala SMAN 5 yang telah memberikan perhatian sehingga berhasil menjadi yang terbaik. Ke depan, kedua siswa ini mengaku akan berusaha maksimal mencapai cita-citanya itu berharap ditahun yang akan datang keberhasilan ini juga berhasil diraih oleh adik-adik tingkatnya di sekolah lainnya. Sementara itu, Kepala SMAN 5, Drs H Yuliantori mengaku turut bangga dengan hasil yang diraih siswanya ini. Karena selain Dwi dan Esa masih ada 6 orang siswa lainnya yang juga mendapatkan hasil yang terbaik. Secara singkat guru senior ini berharap agar anak-anak asuhnya dapat meraih cita-cita seperti yang diimpikannya dan dapat membanggakan Kota Bengkulu di kemudian hari. (**)