Lulus, Jangan Coret Baju

Three Marnope
=foto: Three Marnope=

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Setelah sempat tertunda, pengumuman kelulusan tingkat SMP sederajat akan dilaksanakan hari ini, (Senin (28/5). Teknis pengumuman dilakukan oleh masing-masing sekolah melalui orang tua siswa. Tahun ini sebanyak 1.786 siswa SMP/MTsN akan menerima hasil kelulusan.

“Nanti yang diundang oleh sekolah itu hanya orang tua siswa saja. Nanti sekolah melalui wali kelas yang mengumumkan hasil kelulusannya sekitar pukul 14.00 WIB,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaur, Three Marnope SPd MTP beberapa hari lalu.

Dikatakannya, dalam merayakan kelulusan ini nanti, para siswa Kaur agar lebih santun dan sopan, tidak menyebabkan gaduh setelah pengumuman UN dikeluarkan, jangan melakukan coret-coret baju dan konvoi di jalan raya.

”Ini juga alasan tidak mengundang siswa untuk datang ke sekolah, yakni langkah antisipasi untuk menghindari aksi corat-coret dan hal yang tidak diinginkan. Selain itu, agar orang tua mengetahui dengan jelas mengenai proses dan juga hasil pendidikan di sekolah selama tiga tahun. Mudah-mudahan dengan upaya itu, tidak ada lagi yang corat-coret. Apa salahnya baju bekas sekolah selama ini disumbangkan kepada adik kelas,” terangnya.

Ditambahkan Three, pada pelaksanaan UN SMP yang digelar 23 April 2018 lalu, tercatat dari dari 1.808 siswa yang yang terdaftar sebagai peserta UNKP, namun yang ikut UNKP sebanyak 1.786 siswa. Sedangkan 22 tidak hadir dan otomatis dipastikan gugur dalam ujian karena sudah mengundurkan diri. Pihaknya meyakini peserta dapat lulus 100 persen asalkan mereka mengikuti UN. Sebab hasil UNBK dan UNKP bukan merupakan penentu untuk mencapai kelulusan siswa, tetapi kelulusan akan ditentukan masing-masing sekolah.

“Mudah-mudahan tingkat kelulusan SMP tahun ini lebih baik dari tahun kemarin, dan untuk hasil UN 10 besar ini sudah kita umumkan 25 Mei kemarin,” tandasnya. (618)