Lulus 100 Persen Siswa SD Senang

Siswa SD Negeri 15 Kepahiang terlihat senang saat kelulusan yang diumumkan kemarinKEPAHIANG, BE – Siswa Sekolah Dasar (SD) di Kepahiang terlihat senang. Pasalnya seluruh siswa peserta UN tahun 2013 ini yang berjumlah 2.408 lulus seluruhnya. Pantaun BE, di SD Negeri 15 Kepahiang kelulusan ini dirayakan para siswa dengan foto dan orasi bersama dilapangan sekolah. Kadis Dikpora Kepahiang Mansori SH MH melalui Kabid Dikdas Drs H Holil menyampaikan kelulusan 100 persen bagi siswa SD ini berdasarkan hasil nilai rata-rata siswa pada tiga mata pelajaran (mapel). “Seluruh siswa lulus 100 berdasarkan nilai rata+rata UN per mapel, nilai UN tertinggi tengahh kami lakukan rekap saat ini,” ujar Holil.
Dikatakannya, peserta UN SD yang terdiri dari 1.241 laki-laki dan 1.167 perempuan, dipastikan dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTP. “Sudah dipastikan seluruh peserta UN SD bisa melanjutkan jenjang sekolah lanjutan,” jelasnya.
Para peserta UN di Kabupaten Kepahiang berasal dari 94 SD Negeri, 2 SD swasta, 4 MI Negeri dan 4 MI swasta dan 1 SDLB.
Menurutnya, keberhasilan peserta UN SD itu harus menjadi tolok ukur pada UN berikutnya. “Hasil ini harus dipertahankan, artinya tahun depan tidak boleh ada yang tidak lulus. Harus lulus semua. Peran orang tua dalam mendidik anak di rumah juga terus digiatkan, karena ini juga menjadi faktor keberhasilan peserta UN,” jelasnya.
Sementara itu, salah seorang guru di SDN 15 Kepahiang, Lasno SPd menyampaikan rasa senangnya karena seluruh peserta didiknya bisa lulus seluruhnya. Menurutnya kelulusan 100 persen ini menjadi prestasi tersendiri bagi pihaknya. “Harapan kami prestasi ini bisa lanjutkan pada tahun mendatang dimana seluruh siswa bisa lulus seluruhnya,” katanya. (505)