Lukisan Terkenal Chinese Girl Dilelang di London

Diprediksi Berharga Rp 7,6 M

LONDON РLukisan Chinese Girl asli karya Vladimir Tretchikoff akan dijual di London. Karya yang menggambarkan perempuan China dan merupakan lukisan paling banyak direproduksi di dunia itu diprediksi akan terjual miliaran rupiah.

Pada masa akhir karirnya, Vladimir Tretchikoff  yang meninggal dunia tahun 2006 mengaku sebanyak setengah juta cetak ulang lukisan itu terjual di seluruh dunia. Dalam lelang di London yang akan digelar pada 20 Maret mendatang, Chinese Girl diperkirakan bisa mencapai 500 ribu Poundsterling atau sekitar Rp 7,6 miliar.

Pelukis asal Rusia yang pernah tinggal di Shanghai itu akhirnya menetap di Afrika Selatan tahun 1946 dan enam tahun kemudian melukis Chinese Girl di Cape Town.

Sang model adalah Monika Sing-Lee berusia 17 tahun, yang pertama kali dilihatnya di bisnis pencucian milik paman Monika di kota itu.

Lukisan yang juga dikenal dengan judul The Green Lady itu menjadi salah satu ikon penting budaya pop di Inggris dan di negara-negara Persemakmuran pada 1950-an.

Popularitas lukisan tersebut sempat membuat Tretchikoff mendapat gelar Rajanya Kitsch, yang merujuk kepada lukisan-lukisan pop. Namun Tretchikoff kesal dengan sebutan itu karena menganggap dirinya sebagai seniman serius. (esy/jpnn)