Lubuk Ipuh, Potensi Wisata Baru di BS

TATA : Bangunan di sekitar lubuk ipuh mulai ditata untuk menarik minat warga mengunjunginya.

MANNA, bengkuluekspress.com – Di Desa Lubuk Sirih, Manna terdapat lubuk Ipuh. lubuk ini jika dikelola bisa menjadi potensi wisata baru di Bengkulu Selatan (BS). Sehingga pemerintah desa setempat berupaya mengelol lubuk tersebut untuk menarik minat warga agar mengunjunginya.

“Kami akan upayakan mengolahnya, agar nanti bisa menjadi salah satu tujuan wisata di BS,” kata PJs Kades Lubuk Sirih Ulu, Adang Sutrisno SE.

Dikatakan Adang, sebelumnya sudah ada gazebo, tempat peristirahatan warga. Sehingga nantinya akan dilakukan pembinaan pada warga agar bosa menyanyikan berbagai macam kuniler yang bisa dinikmati oleh para pengunjung di areal lubuk Ipuh.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata BS terkait tata cara mengelola tempat pariwisata, sehingga para wisatawan bisa merasa aman, nyaman dan betah serta mempunyai keinginan untuk kembali lagi,” ujarnya.

Sebab lubuk tersebut sangat potensial dijadikan obyek wisata, karena letaknya bisa digapai dengan mudah menggukan kendaraan. Di lokasi juga sudah ada WC umum, juga ada kuburan Puyang Ipuh yang diatas makamnya terdapat sebuah meriam, konon cerita bagi siapa yang mampu mengangkat meriam tersebut dia merupakan keturunan dari puyang Ipuh. Sehingga nantinya warga yang datang ke sana bisa menikmati pemandangan alam kebun warga, bisa juga mandi sepuasnya.

“Mohon doanya agar ke depan potensi ini benar-benar bisa kami maksimalkan untuk meningkatkan perekonomian warga,” harap Adang. (369)