LSM Harapkan Anggaran dari Pemkab

ARGA MAKMUR, BE – Perkembangan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Bengkulu Utara  sangat pesat.  Setidaknya ada 29 LSM di Bengkulu Utara yang tercatat dan melapor di Kantor Kesbangpolinmas (Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan  Masyarakat) Bengkulu Utara.   Sedangkan jumlah sebenarnya, diduga lebih dari itu.  LSM yang sudah terdaftar yakni Gerap, FP3R, P2AK, FKP3, Segay, Garpu, KIIP, LAB, Lipat, Yasrindo, Cetak, KPPN, LAK dan Forkorind.
Kepala Kantor Kesbangpolinmas BU, Drs. M Sibarani mengatakan, sesuai dengan peraturan Kementerian Dalam Negeri No 33 tahun 2012 tentang pedoman pendaftaran organisasi masyarakat, harus jelas, tegas, dan lebih baik. Sehingga harus diperketat lagi dan harus terdaftar di Kesbangpollinmas. “Dengan melampirkan permohonan pengurus, anggaran dasar notaris, NPWP, dan program kerja,” jelasnya.
Hal itu disampaikannya saat menerima perwakilan dari 29 LSM yang mendatangi Kantor Kesbangpolinmas BU, kemarin.  Kedatangan perwakilan LSM itu untuk mengklarifikasi kejelasan pemberitaan di salah satu media cetak lokal yang mengatakan ”LSM lebih dari pihak kepolisian”.    Atas pemberitaan itu, LSM tidak terima.  Namun sudah diakui Sibarani, bahwasannya dari beberapa LSM yang menyambangai kantornya kemarin, merupakan LSM yang tertib dan tahu aturan.  Menurut Sibarani, terkait pemberitaan itu, hanya ada kesalahpahaman dalam berkomunikasi.
Untuk menindaklanjuti peran dari LSM itu kata Sibarani, dalam waktu dekat ini Kesbangpolinmas akan melakukan sosialisasi terhadap LSM dan Ormas yang telah terdaftar guna untuk mengajak bekerjasama dan mendekatkan LSM kepada pemerintahaan.  Sosialisasi ini akan diisi oleh pemateri dari Kodim, Pemerintah Daerah dan Kepolisisan.
Sementara dari 29 perwakilan LSM yang hadir kemarin, Ibnu Maja dari LSM Gerap dan Edi Yanto dari LSM KIIP, menjelaskan bahwa mereka adalah LSM yang membidangi secara umum.  Dalam kesempatan itu mereka mengharapkan ada anggaran dari Kabupaten Bengkulu Utara untuk LSM yang sudah terdaftar.   “Selama ini anggaran kami hanya ada dari Kesbangpolinmas pusat,” papar Ibnu yang dibenarkan Edi.  Pantauan BE meski suasana sedikit panas dengan penyampaian nada suara yang keras, klarifikasi LSM tersebut diterima baik oleh Kakan Kesbangpollinmas BU. (117)