LPK Sulthoon Benteng Buka Pelatihan Desain Grafis Secara Gratis


IST/BE
DESAIN GRAFIS : Pimpinan LPK Sulthoon 4M, Martoni (tengah) saat berfoto bersama peserta pelatihan desain grafis tahun 2020 lalu.

BENTENG,bengkuluekspress.com – Peluang emas bagi para pengangguran yang ingin membuka lapangan pekerjaan baru. LPK Sulthoon 4M yang berada di Desa Taba Terunjam, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) siap memberikan pelatihan desain grafis bagian percetakan digital printing.
Pimpinan LPK Sulthoon 4M, Martoni mengatakan, apa yang dilakukan merupakan salah satu wujud kepedulian kepada masyarakat yang belum memiliki keterampilan. Dengan memahami desain grafis, diharapkan masyarakat memiliki modal keterampilan yang dapat digunakan untuk membuka lapangan pekerjaan.
“Pelatihan desain grafis dilakukan secara gratis dan tidak dipungut biaya sepeserpun,” kata Martoni.

Untuk tenaga pengajar, jelas Martoni, dirinya siap untuk memberikan pelajaran tentang cara mengoperasikan photo shop dan corel draw serta ilmu komputer lainnya. Direncanakan, pihaknya akan bekerjasama dengan LPK yang berasal dari Kabupaten Seluma dan Kalimantan Selatan serta beberapa ahli percetakan dari luar Bengkulu Tengah.
“Pelatihan akan dilakukan kurang lebih selama 2 bulan atau 200 jam,” tegasnya.

Saat ini, aku Martoni, proses pendaftaran masih dibuka. Hanya saja, peserta akan diseleksi secara ketat agar pelatihan yang diberikan benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran.
Beberapa ketentuan atau persyaratan calon peserta pelatihan adalah berusia 17-24 tahun, tidak sekolah atau kuliah dan tidak bekerja (masih menganggur), foto kopi KK dan KTP, ijazah terakhir (ijazah SMP boleh) serta bersedia mengikuti pelatihan sampai selesai.

Lebih lanjut, Martoni mengungkapkan, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.
“Pelatihan desain grafis sudah pernah dilaksanakan tahun 2020. Diharapkan, tahun ini lebih banyak lagi peserta yang mendaftar,” harap Toni.(**)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*