Loyalis Agusrin Terdepak

BENGKULU, BE – Struktur birokrasi Pemprov mengalami perombakan besar-besaran. Kemarin, Plt Gubernur Junaidi Hamsyah melakukan mutasi 32 pejabat eselon II. Menariknya orang-orang yang dikenal loyal terhadap Gubernur Bengkulu nonaktif Agusrin M Najamudin mulai terdepak. Mereka rata-rata yang akan memasuki masa pensiun dan tersandung masalah hukum.
Misalnya saja Muchlis Ibrahim, terdakwa handtractor yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pertanian ini dipindahkan menjadi fungsional umum Pemantuan Sumber Daya Hutan Dinas Kehutanan. Begitu juga dengan Kepala Dispendik Yasarlin MPd dijadikan Staf Ahli Ekonomi dan Keuangan. Ada juga nama Nana Sudjana yang pernah menjabat sebagai caretaker Bupati Benteng, nonjob dari Kepala BPBD. Posisi Nana digantikan Ir Risono. Tak berbeda dengan Kadis Kesehatan Zulman Zuhri Amran yang dimutasi menjadi fungsional dosen Politeknik Kesehatan UPT Dinas Kesehatan
Mutasi dilaksanakan, kemarin Pukul 15.00WIB, dipimpin langsung Junaidi Hamsyah didampingi Sekprov Drs H Asnawi A Lamat MSi.
Ia mengatakan mutasi tersebut baru gelombang pertama. Selanjutnya gelombang kedua akan dilakukan dalam waktu dekat ini. “Mutasi dilakukan bertahap. Tidak bisa sekaligus,” kata Junaidi.
Menurutnya, mutasi tersebut selain untuk penyegaran organisasi, juga memberikan kesempatan kepada PNS yang memiliki potensi bagus untuk menaikan karir. “Kasian selama ini sudah ada yang sampai tua, tapi jabatan tidak naik. Jabatan itukan karir yang dikejar, jadi kita memberikan kesempatan pada pejabat lain,” ujarnya.
Ia akan melakukan evaluasi kinerja pejabat dalam waktu tertentu. Apabila kinerja kurang maksimal, tidak menutup kemungkinan akan digantikan oleh pejabat lainnya. “Tidak mudah mencari pejabat yang tepat,” katanya. Pejabat yang menduduki jabatan di pemprov beberapa diantaranya merupakan wajah baru. Karena ditarik dari daerah. Seperti jabatan Kepala Dinas Pendidikan kini diisi oleh H Syafruddin AK, SE, M.Si. Kemudian, jabatan yang saat ini ditingkalkan oleh pemiliknya yang sedang tersandung hukum, kini telah diisi oleh pejabat definitif, antara lain kepala Dinas Pertanian dijabat Ir Edi Nevian, kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Provinsi dijabat oleh Drs Eko Agusrianto. Sedangkan Kepala Biro Hukum Setda H Cik Asan Den SH, MSi juga menjadi sasaran mutasi. Ia dipindahkan menjadi fungsional pekerja sosial Dinas Kesejahteraan Sosial. Jabatan Kepala Biro hukum dijabat oleh Hj Riris Budiyarti SH.(Lebih lengkap lihat grafis).
Sekprov Drs H Asnawi A Lamat MSi yang juga Ketua Bapperjakat mengatakan, butuh waktu lama untuk memutuskan mutasi jabatan ini. Ia mengatakan mutasi tersebut dilakukan karena sudah mendesak, karena beberapa diantaranya telah menghadapi masa pensiun. Pihaknya akan terus mengawasi dan mengevaluasi kinerja jabatan tersebut. “evaluasi bisa terus kita lakukan, bisa 3 bulan sekali, atau 6 bulan sekali,” katanya. Dikatakannya mutasi selanjutnya akan dilaksanakan dalam waktu dekat untuk pejabat eselon III. “Selanjutnya eselon III akan menyusul, terutama untuk pengisian kekosongan jabatan,” katanya.(100)

1. Ir Edi Nevian Kepala Dinas Pertanian
2. Drs Yuhardin Seman Staf Ahli Bidang Pemerintahan
3. Drs Yasarlin MPd Staf Ahli Ekonomi dan Keuangan
4. H Arsuan Jumhari SH Kepala Badan Perpustakaan Arsip, dan Dokumentasi
5. H Syafruddin AB, SE, MSi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
6. H Fakri Bustaman SH Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Symber Daya Manusia
7. Fauzi SH, MM Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
8. Drs Eko Agusrianto Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo
9. H Eris Tuffani SE Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan
10. Drs Hermansyah Burhan Staf Ahli Bidang Pembangunan
11. Ir Khalid Agustin Msi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa
12. Drs Rusdi MPd Kepala Kesatuan Polisi Pamong Praja
13. Hasanudin SE Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
14. Lierwan SE Inspektur Provinsi
15. Ir Risono Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah
16. Tarmizi BSc. SSos Kepala Badan Kepegawaian Daerah
17. Drs Septemilian Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga
18. Hendarini BSc Kepala Dinas Kesehatan Provinsi
19. Hj Riris Budiyarti Kepala Biro Hukum Setda
20. Yuliswani SE, MM Kepala Biro Pengelolaan keuangan
21. Husni Mahyudin BE,SSos Kepala Biro Administrasi Pembangunan
22. Din Ikwan SSos Fungsional Widyaiswara
23. dr H Zulman Zuhri Amran Fungsional Dosen Politeknik Kesehatan UPT Dinas Kesehatan
24. Helmi Iskandar Fungsional Pekerja Sosial Dinas Kesejahteraan Sosial
25. Drs M Zen Basri MM Fungsional Umum Pengelola Sarana dan Prasarana Fisik Dinas Pemuda dan Olahraga
26. H Cik Asan Denn, SH, MSi Fungsional pekerja sosial Dinas Kesejahteraan Sosial
27. Ir H Surya Gani MM MSi Fungsional Umum Penganalisa Status Jalan Provinsi Dinas Pekerjaan Umum Provinsi
28. Ir H Muchlis Ibrahim Fungsional Umum Pemantuan Sumber Daya Hutan Dinas Kehutanan
29. H Nana Sudjana S.Sos memasuki batas usia pensiun
30. Drs H Darusalam memasuki batas usia pensiun
31. Drs H Syaifullah memasuki batas usia pensiun
32. Sadikin SH memasuki batas usia pensiun