Lorenzo Raih Pole Position GP Malaysia

Jorge Lorenzo (Yamaha/Spanyol)  memberi sinyal perlawanan terhadap pesaing utamanya Dani Pedrosa (Repsol Honda/Spanyol). Hal itu ditunjukkan melalui sukses  merebut pole position (start urutan perama-red) di kualifikasi MotoGP seri GP Malaysia, Sabtu (20/10), di Sirkuit Sepang , Malaysia.

Lorenzo membungkam Pedrosa di menit-menit akhir, usai Pedrosa membuatnya berdebar dengan mendominasi latihan untuk tampil sebagai yang tercepat. Lorenzo mencatat waktu tercepat dua menit 00,343 detik.

“Posisi pole sangat bagus untuk lomba besok.  Saya akan bersusaha sebaik mungkin untuk meraih hasil terbaik pada lomba besok,”  tegas Lorenzo usia kualifikasi.

Pedrosa harus puas berada di posisi kedua dengan selisih 0,134 lebih lambat dari Lorenzo. Pembalap dari tim satelit Andrea Dovizioso (Tech3 Yamaha/Italia) berada di uruta ketiga.

Meski terus menunjukkan kemajuan, Pedrosa tidak mau terlalu memikirkan besar kecilnya peluang yang ia punya untuk menjadi juara dunia.    Ia lebih  fokus ke usaha memenangi balapan.

Pedrosa memang dalam posisi yang kurang menguntungkan dalam perebutan gelar juara dunia. Dengan tiga seri tersisa,  Pedrosa  masih tertinggal 28 poin dari  Lorenzo di klasemen sementara.

Mampu atau tidak Pedrosa menjadi juara dunia akan sangat tergantung pada hasil yang didapat Lorenzo. Kalau Lorenzo bisa menambah 48 poin lagi, maka apa pun hasil yang diraih Pedrosa di tiga seri pamungkas tak akan berarti.

Pedrosa tak mau memusingkan hitung-hitungan poin seperti itu. Andalan Repsol Honda ini cuma akan berjuang semaksimal mungkin agar bisa memenangi lomba.  ”Saat ini saya sangat menikmati balapan dan saya ingin terus seperti ini, berusaha maksimal dari sisi kami dan tidak memikirkan hasil yang didapat orang lain,” tutur Pedrosa seperti  dikutip Autosport.

Usaha Pedrosa untuk mengejar titel akan berlanjut di MotoGP Malaysia, akhir pekan ini. Kalau bisa berjaya di Sepang, maka dia akan meraih tiga kemenangan secara beruntun.

“Ini sudah dua musim sejak saya terakhir balapan di Sepang dan saya sangat menantikannya sekarang, Ini adalah trek di mana Anda punya sedikit dari segalanya. Sulit membalap di sana, panas, ada tikungan cepat dan lambat, pengereman keras, trek lurus panjang, dan semua orang sudah punya referensi dari hasil tes,” ucap Pedrosa.(**)