Longsor Tutup Jalan Provinsi di Rejang Lebong

ist/BE
Warga bersama relawan BPBD saat melakukan pembersihan material longsor yang menutup jalan provinsi di Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi Rejang Lebong Minggu (16/5) pagi.

CURUP, BE- Dihari keempat lebaran longsor terjadi dibeberapa titik di wilayah kecamatan Sindang Kelingi dan Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong. Bahkan ada satu titik longsor yang menutup jalan Provinsi yang menghubungkan dua kecamatan tersebut.

“Ada total empat titik longsor, satu diantaranya menutup jalan bahkan kendaraan roda dua pun tidak bisa melintas,” terang Relawan BPBD Desa IV Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran Priyono.

Dijelaskan pria yang akrab disapa Gabren tersebut empat titik longsor yang terjadi tersebut tiga diantaranya di Desa IV Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran dan satu titik di Desa Sindang Jati. Longsor yang menutup jalan tersebut ada di Desa Sindang Jati, sedangkan tiga lainnya tidak menutup jalan namun mengancam jalan provinsi karena lokasi longsornya berada disisi jurang jalan.

“Semalam hujan lebat dari pukul 18.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB, namun longsor ini baru ketahuan pagi ini sehingga kami bersama warga baru melakukan gotong royong,” paparnya.

Sementara itu Kepala Pelaksanan BPBD Kabupaten Rejang Lebong, M Budianto membenarkan prihal jalan adanya longsor yang menutup jalan provinsi di jalan lintas Kelurahan Beringin Tiga menuju Bengko tersebut.

“Iya pagi ini kita sudah mendapat informasi adanya jalan yang tertutup longsor,” terang Budi.

Setelah mendapat informasi adanya longsor, relawan desa menurutnya bersama masyarakat dan pihak terkait lainnya langsung melakukan pembersihan material longsor sehingga akses jalan cepat tersebut. Selain itu pihaknya juga langsung menurutkan alat berat yang sebelumnya memang sudah mereka siagakan di Mapolsek Sindang Kelingi.

“Alat berat juga kita siapkan untuk membantu proses pembersihan material longsor,” demikian Budi.(Ary)