Longsor Jalinbar, Akses Bengkulu- Manna Putus

longsor-SASA,BENGKULU EKSPRESS – Untuk kedua kalinya akses jalan menunju Bengkulu- Manna, Kaur dan Lampung harus terputus. Pasalnya pukul 06.30 WIB (23/11) jalan lintas desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas (SA) kembali mengalami longsor, sepanjang 50 meter.

Akibatnya, satu mobil Mitsubishi Pajero dan mobil tengki bermuatan CPO nyaris terbalik saat melintas. Termasuk arus lalulintas terpaksa untuk sementara waktu tidak bisa melintas. Namun untuk mobil minibus tetap bisa melintas untuk meneruskan perjalanan.

“Personel sudah kita kerahkan untuk mengatus arus lalu lintas. Termasuk berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum(PU)”tegas Kapolres Seluma AKBP Jeki Rahmat Mestika SIk melalui Paur Humas Ipda Agus kepada BE.

Untuk jalan yang turun kurang lebih 50 meteran. longsor ini merupakan jalan yang tahun lalu juga pernah turun seperti saat ini. Menurutnya, longsor ini di sebabkan oleh kondisi alam dan curah hujan yang tinggi terhitung dari malam hari. Sehingga jelas k mbuat tanah semakin gembur, ditambah lagi dengan kendaraan bermuatan berat melintas.

“Untuk korban tidak ada. Namun dua kendaraan melintas nyaris terbalik.”sampainya.

Agus menerangkan, agar jalan bisa di gunakan untuk kendaraan bermuatan dan bertonase ringan tetap bisa melintas. Dengan sistem buka tutup jalan. Sedangkan kendaraan besar tidak bisa melintas karena di khawatirkan akan kembali longsor setelah kondisi jalan yang rawan dan tanah di lokasi masih basah.

“Kita khawatir akan keselamatan pengguna jalan jadi kendaraan kecil saja yang di perbolehkan melintas.”sampainya.

Terkini, kondisi arus lalulintas menjadi macet. Sehingga di harapkan pemda seluma bisa mengerahkan alat berat untuk bisa melakukan penimbunan dan tindakan cepat. (333)