Longsor, Desa Suban Kabupaten Seluma Terancam Terisolir

Dok/BE – Satu satunya akses jalan menuju desa Suban Semidang Alas (SA) longsor, Sabtu (28/11).

SA,BE – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Seluma, dari Jumat (27/11) hingga Sabtu (28/11), menimbulkan bencana bagi Desa Suban, Kecamatan Semidang Alas (SA). Akses jalan menuju desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bengkulu Selatan tersebut longsor hingga memutus akses jalan masuk ke desa tersebut. Dampaknya Desa Suban terancam terisolir.

Kepala Desa (Kades) Suban Neri membenarkan hal ini. Neri mengatakan kepada BE Sabtu (28/11), longsor terjadi pada Jumat petang(27/11) dan menutup semua badan jalan.

“Longsor berasal dari tebing di atas badan jalan. Semua material longsor menutupi badan jalan hingga tidak bisa dilalui kendaraan,” terang Neri.

Dijelaskan, terkait musibah longsor ini, kades telah menyampaikan ke Pemerintah Kabupaten Seluma.

“Belum ada yang datang pak. Saya sudah hubungi BPBD Seluma, baik telepon maupun di group Whatsaap,,” sampai Neri.

Neri menuturkan, saat ini perangkat desa dan warga setempat berusaha menyingkirkan material longsor bersama warga dengan alat seadanya. Namun pekerjaan terhambat, sebab saat ini hujan masih mengguyur deras. Potensi longsor pun masih berpeluang terjadi.

“Sebisanya kami berusaha sendiri membuka akses jalan ini,” ujar Neri.

Kapolres Seluma AKBP Swittanto Prasetyo SIK melalui Kapolsek Semidang Alas Ipda Noprizal mengatakan, polisi saat ini sedang berusaha menembus lokasi longsor tersebut. Membantu warga membuka kembali akses jalan tersebut.

“Kita masih menuju lokasi, Pak, namun karena medan jalannya sulit ditambah hujan masih mengguyur kita sedikit kesulitan menuju lokasi longsor. Namu kita masih berjuang ini,” kata Noprizal.

Kapolsek menyampaikan, akses jalan ini harus segera dibuka. Sebab, jalan ini satu-satunya akses masuk menuju Desa Suban. Ada jalan alternatif, namun terlalu memutar jauh melalui jalan kawasan Bengkulu Selatan.

“Putusnya akses jalan ini berdampak besar. Apalagi saat ini sedang ada pendistribusian logistik pemilu, jadi jalan ini harus segera dibuka. Saya akan berusaha bersama warga dan pihak lainnya untuk membuka akses jalan ini,” pungkas Noprizal. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*