Longsor, Akses Manna -Pagar Alam Putus Total

LONGSOR: Tanah longsor hingga menutupi badan jalan dan menyebabkan akses lalu lintas lumpuh.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Akibat hujan deras mengguyur wilayah Bengkulu Selatan (BS) beberapa hari terakhir ini, menyebabkan tanah longsor. Seperti yang terjadi di jalan raya lintas BS di wilayah Kecamatan Ulu Manna – Pagar Alam. Tanah longsor tersebut terjadi Sabtu (8/5) sekitar pukul 18.35 WIB. Hal itu menyebabkan akses lalu lintas lumpuh total.

“Lokasi tanah longsor di Daerah Batu Betajuk Desa Kayu Ajaran dan Desa Air Tenam,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Yarusdi SSos.

Dikatakan Yarusdi, lokasi longsor tersebut ada 8 titik. Material batu, tanah hingga kayu menutupi badan jalan. Sehingga tidak ada satupun kendaraan yang bisa melintas. Setelah mendapatkan laporan ada tanah longsor, pihaknya langsung turun ke lapangan dengan bekerja sama dengan pihak balai. Lalu Sabtu malam hingga Minggu pagi, alat berat tersebut langsung mengevakuasi material yang menutupi badan jalan.

“Alhamdulillah Minggu pagi akses lalu lintas sudah normal kembali,” ujarnya.

Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM juga ikut terjun ke lokasi memantau tanah longsor di Ulu Manna tersebut. Bahkan dirinya ikut memantau alat berat mengevakuasi tanah longsor tersebut. Sehingga bersama warga dan aparat, bahu membahu mengevakuasi material.

“Saat ini kendaraan sudah bisa melewatinya,” ujar Gusnan.

Dijelaskan Gusnan, meskipun saat ini material sudah tidak menutupi badan jalan lagi, namun jalanan masih licin. Sehingga dikhawatirkan Terjadi longsor susulan. Untuk itu dirinya meminta agar warga yang akan melintasi jalan tersebut agara lebih waspada, agar tidak menjadi korban bencana alam.

“Kepada para pengendara saya imbau agar lebih waspada sebab dikhawatirkan terjadi longsor susulan,” imbau Gusnan. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*