Lombakan Olahraga Tradisional

Ary, Rapat Persiapan HUT Kemri (1)
ARY/Bengkulu Ekspress
Asisten I dan II Setdakab Rejang Lebong bersama Ketua TP PKK Rejang Lebong saat rapat persiapan HUT Kemri ke-73 tingkat Rejang Lebong. Dalam peringatan HUT Kemri ke-73 Pemkab Rejang Lebong akan menggelar lomba olahraga tradisional.

CURUP, Bengkulu Ekspress- Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 di Kabupaten Rejang Lebong akan bernuansa berbeda. Karena selain menggelar perlombaan olahraga seperti biasa, tahun ini Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan melombakan olahraga tradisional.

“Untuk tahun ini, dalam peringatan HUT RI, kita tak hanya menggelar lomba olahraga pada umumnya, namun juga akan melombakan olahraga tradisional,” sampai Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Pranoto Majid SH MH usai memimpin rapat persiapan peringatan HUT RI ke-73 tingkat Kabupaten Rejang Lebong diruang Pola Pemkab Rejang Lebong, Jumat (13/6) kemarin.

Beberapa olahraga tradisional yang akan dipertandingkan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tersebut, mulai dari lomba rakit tradisional, lomba tarik tambang, engkrang dan terompah panjang. “Kita sifatnya mencari olahraga yang merakyat yang bisa dinikmati oleh seluruh rakyat,” tambah Pranoto.

Karena menurut Pranoto, pelaksanaan lomba sejumlah tangkai olahraga dalam memeriahkan HUT Kemri ke-73 tersebut pada prinsipnya untuk memeriahkan HUT Kemri itu sendiri, bukan ajang untuk bina prestasi. Oleh karena itu, menurut Pratono perlombaan yang akan dilaksanakan adalah perlombaan yang merakyat yang banyak menyentuh masyarakat, salah satunya dengan melaksanakan lomba olahraga tradisional tersebut.

Untuk peserta sendiri, menurut Pranoto nantinya bisa dari masyarakat umum maupun dari dinas instansi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Sehingga menurut Pranoto siapa saja nanti bisa mengikuti perlombaan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

Sementara itu, untuk pelaksanaan upacara HUT Kemri ke-73 tahun 2018 ini, menurut Pranoto panitia belum bisa memastikan dimana akan dilaksanakan apakah akan dilaksanakan di Lapangan Setia Negara atau justru di Lapangan Dwi Tunggal Kota Curup.



“Untuk lokasi upacara kita akan lihat nanti, dan sesuai dengan petunjuk pak bupati, bisa saja di Lapangan Setia Negara, atau justru di Lapangan Dwi Tunggal kalau memang sudah siap,” demikian Pranoto.(251)