Lomba Mendayung Meriahkan HUT Lanal, Bank Bengkulu dan BEMG

RIZKY/Bengkulu Ekspress Peserta lomba dayung perahu karet foto bersama sebelum lomba, Minggu (29/4).
RIZKY/Bengkulu Ekspress Peserta lomba dayung perahu karet foto bersama sebelum lomba, Minggu (29/4).

POSSI Taklukkan 13 Tim

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Lomba mendayung perahu karet dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Lanal Bengkulu ke-32, Bank Bengkulu ke -47, Harian Bengkulu Ekspress ke-13 dan Bengkulu Ekspress Televisi (BETV) ke-4 berlangsung di Pelabuhan Pulau Baai, Minggu (29/4) pagi. Sebanyak 14 tim bersaing ketat menjadi yang terbaik menempuh jarak sekitar 300 meter yang sudah disiapkan panitia.

Setelah melalui beberapa tahap pertandingan menggunakan sistem gugur, akhirnya tim Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Bengkulu berhasil menjuarai turnamen tersebut. Sedangkan juara ke-2 diraih Lanal Bengkulu dan juara ke-3 diraih Tim Polair Polda Bengkulu.

Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Agus Izudin SH selaku Ketua Panitia mengatakan, lomba mendayung perahu karet ini digelar untuk semakin mensinergikan instansi terkait, akademika dan awak media. Selain itu, perlombaan juga untuk menyambut sail Enggano 2020 yang dilaksanakan di Provinsi Bengkulu.

“Lomba ini tujuannya agar instansi terkait, akademika dan awak media saling bersinergi. Sehingga jika nanti bertemu di laut atau ada kejadian di laut, maka sudah saling mengenal,” jelas Danlanal.

Menurut Danlanal, olahraga air di Bengkulu masih sangat jarang. Padahal Bengkulu memiliki garis pantai terpanjang dan memiliki spot olahraga air cukup banyak.

Apalagi olahraga mendayung seperti perahu naga, kayak atau kano. Untuk itu tujuan selain mensinergikan antar instansi, perlombaan tersebut juga agar menjadi pemicu masyarakat mengenal olahraga air, juga untuk merangsang olahraga air dan olahraga dayung di Bengkulu.

“Perlombaan ini sebagai pemicu agar masyarakat mencintai olahraga air, Bengkulu ini memiliki garis pantai terpanjang sementara event olahraga air masih sangat jarang. Semoga KONI Bengkulu tergiur untuk mengadakan olahraga dayung,” imbuh Danlanal.

Sementara itu, Rektor Unihaz, Yulfiperius menyampaikan, apa yang sudah dilakukan Lanal Bengkulu ini untuk merangsang olahraga dayung harus di dukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu, akademisi, perusahaan dan masyarakat. Karena olahraga dayung bisa menjadi wadah untuk pemuda bisa memperkenalkan Provinsi Bengkulu ke luar daerah.

Salah satu kegiatan yang bisa memanfaatkan potensi laut di Bengkulu.

“Kegiatan ini harus disupport oleh Pemprov, akademisi atau perusahaan dan masyarakat. Lomba seperti ini baru Lanal yang memulai,” jelas Yulfiperius.

Lomba dayung perahu karet tersebut diikuti oleh 14 tim, yakni POSSI Bengkulu, Dit Polair Polda Bengkulu, Lanal Bengkulu, Basarnas, Brimob Polda Bengkulu, Korem 041 Gamas, BMKG, Bank Bengkulu, KSOP, Pelindo, Kodim 0407 Bengkulu, Harian Bengkulu Ekspress, Unihaz dan Unib.(167)