Lomba Lemang Tapai

DISPERINDAG Koperasi, dan UMKM (Usaha, Mikro, Kecil  dan Menengah) Provinsi Bengkulu menggelar lomba cita rasa lemang tapai. Perlombaan ini dilakukan untuk mengangkat makanan khas asal Sumatera Barat,  yang sangat populer di Bengkulu agar memiliki cita rasa khas asli Bengkulu.  Sehingga, bisa dijadikan jajanan tradisional yang bisa menjadi oleh-oleh. Para pejabat  berpesta untuk mencicipi lemang tapai.

“Lomba ini diselenggarakan untuk memberikan motivasi bagi pengusaha, dan calon pengusaha lemang tapai agar terus berkreasi, dengan menciptakan ciri khas tersendiri makanan lemang tapai, sehingga bisa mengangkat nama Bengkulu,” kata Kepala Disperindag, Koperasi, dan UMKM Provinsi Ir Ali Musramin, kemarin.

Ia mengatakan ada sekitar 18 peserta lomba cita rasa lemang tapai. Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan. Sedangkan peserta yang jalah tetap akan mendapatkan hadian berupa tenda jualan. “Kegiatan ini sekaligus memeriahkan HUT ke 44 Provinsi Bengkulu, sekaligus melakukan pembinaan terhadap  UMKM lepang tapai,” katanya.

Penilaian lomba lemang tapai itu dilakukan Sekprov Drs H Asnawi A Lamat MSi, dam unsur FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), serta Ketua TP PKK Provinsi Ny Hj Honiarty Junaidi. Diungkapkan Ny Honiarty, bahwa dari 18 peserta lomba itu, ada sebagian yang lemangnua sangat bagus. Tapi ada juga lemang yang lembek. “Rata-rata bagus lemangnya, tapi ada yang beda (rasanya),” ujarnya.

Ia berberpesan kepada pengusaha lemang tapai, untuk menghasilkan produksi lemang yang bagus, agar tidak membuat tapai dengan memberikan gula. “Kepada pengusaha lemang tapai, jaga kebersihan. Kalau membuat lemang, jangan menggunakan gula,” ujarnya.
Salah satu peserta, Maryanti mengatakan  perlombaan tersebut diharapkan disertai perhatian pemerintah terhadap pedagang. Selama ini pemerintah kurang memberikan perhatian, sehingga dengan perlombaan ini akan membantu pengusaha lemang tapai untuk bangkit dan termotiovasi. “Harapannya pedagang kecil itu diperhatikan lagi,” ucapnya.

Lomba cita rasa lemang tapai ditersebut dibuka oleh Plt Gubernur H Junaidi Hamsyah di Kantor Gubernur Bengkulu. Plt gubernur berharap, lemang tapai Bengkulu bisa merambah nasional, dan bisa menjadi makanan khas Bengkulu.  “Pemerintah terus akan mendorong pengusuha kecil atau UMKM, agar semain maju,”  katanya. (100)