Logistik Pemilu, Didistribusikan

Bakti/Bengkulu EkspressLOGISTIK : Ketua PPK Karang Tinggi, Ersan Dodi saat membantu pengepakan logistik pemilu ke truk sebelum didistribusikan ke Sekretariat PPS, Minggu (14/4).

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) memulai pendistribusian logistik, Minggu (14/4). Logistik yang telah disusun didalam kotak suara langsung didistribusikan ke masing-masing sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS). Pendistribusian dilakukan secara bertahap, yakni selama 2 hari. Rinciannya, ke 2 daerah pemilihan (dapil) pada hari Minggu dan 2 dapil lagi pada hari Senin (15/4). Pendistribusian dilakukan dengan pengawalan ketat dari personel kepolisian, TNI, serta Bawaslu Kabupaten Bengkulu tengah.

“Untuk hari pertama ini (kemarin,red), logistik kami salurkan ke dapil 3 dan dapil 4,” kata Ketua KPU Kabupaten Bengkulu tengah, Drs Brotoseno.

Dikatakan Brotoseno, logistik di 2 dapil tersebut tersebar di 6 kecamatan. Yakni, dapil 3 yang meliputi kecamatan Pagar Jati, Pematang Tiga dan Bang Haji serta dapil 4 yang meliputi Kecamatan Merigi Sakti, Merigi Kelindang dan Kecamatan Taba Penanjung. “Sebanyak 7 unit truk dan 7 mobil pikap,” tambah Brotoseno.



Sesuai dengan petunjuk teknisnya, kata Broto, distribusi logistik dilakukan dari KPU Kabupaten ke masing-masing Sekretariat PPK. Akan tetapi, agar pendistribusian lebih efektif, KPU Kabupaten Benteng mengambil kebijakan dan mendistribusikan logistrik yang berisikan surat suara (susu) serta form pengisian hasil pleno tersebut langsung ke masing-masing PPS.

“Secara adaministrasinya penyerahannya ke PPK. Akan tetapi, untuk lebih efektif dan efisien, logistik tak menginap di PPK. Namun, langsung diantar ke PPS,” papar Brotoseno.

Disinggung mengenai kekurangan surat suara hasil penyortiran beberapa waktu lalu, Brotoseno menegaskan bahwa surat suara tambahan sudah dikirim oleh KPU pusat dan tiba di KPU Kabupaten Benteng, Minggu pagi.  Hanya saja, surat suara tambahan yang dipacking dalam 2 kotak tersebut akan diperiksa ulang dan dilipat agar bisa didistribusikan pada hari Senin. “Terkhusus, dapil 3 dan 4, surat suara disalurkan dalam jumlah yang cukup. Kekurangan surat suara terjadi pada dapil 1 dan 2. Hari ini kami langsung melakukan packing agar besok semua sudah siap didistribusikan,” pungkas Brotoseno.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*