Liverpool Takluk 0-2 di St Petersburg

zenit-vs-liverpoolZenit St Petersburg berhasil menang 2-0 atas Liverpool dalamleg pertama babak 32 besar Liga Europa di Stadion Petrovski, Kamis (14/2/2013). Sepasang gol kemenangan tuan rumah ditorehkan Hulk dan Sergei Semak.

Kedua tim langsung bermain dengan tempo cepat sejak awal pertandingan. Liverpool membuka peluang pertama melalui Luis Suarez pada menit ke-15. Akan tetapi, meski mampu memanfaatkan kesalahan pemain belakang Zenit, bola tendangannya masih belum menemui sasaran.

Zenit bukan tanpa ancaman di paruh pertama ini. Setidaknya ada dua kesempatan emas yang diperoleh skuad asuhan Luciano Spalletti itu melalui aksi Hulk pada menit ke-6 dan ke-28. Beruntung bagi Liverpool, kiper Pepe Reina masih dapat menggagalkan kesempatan tersebut.

Sepanjang babak pertama, Zenit terlihat lebih unggul dengan lebih banyak melakukan penguasaan bola di lapangan tengah. Meski begitu, mereka tampak kesulitan menembus pertahanan Liverpool yang tampil cukup disiplin. Babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata.

Selepas turun minum, Spalleti mengubah taktik dengan memasukkan Sergei Semak menggantikan Miguel Danny pada menit ke-54. Perubahan itu pun membuat serangan Zenit menjadi lebih hidup karena di awal babak kedua ini tempo permainan kedua tim melambat.

Pada menit ke-69, kubu tuan rumah bersorak setelah Hulk mampu menaklukkan Reina untuk mengubah skor menjadi 1-0 untuk Zenit. Menerima umpan matang Igor Denisov, bomber asal Brasil tersebut melepaskan tendangan terukur untuk merobek jala gawang Liverpool.

Gol itu membuat kepercayaan diri pemain Zenit meningkat. Bahkan, tak butuh waktu lama bagi Sine-Belo-Golubye untuk kembali mengubah skor setelah pemain pengganti Semak mencetak gol kedua untuk timnya di menit ke-72. Gol itu dicetaknya setelah memaksimalkan umpan Alexander Anyukov.

Tertinggal dua gol, Liverpool berusaha membalas. Namun, sejumlah serangan dari skuad asuhan Brendan Rodgers itu terlalu terburu-buru sehingga penyelesaian akhir kurang maksimal sehingga skor 2-0 untuk Zenit pun tidak berubah sampai wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain: 
Zenit: 16-Vyacheslav Malafeev, 2-Alexander Anyukov, 6-Nicolas Lombaerts, 13-Carlos Luis Neto, 14-Tomas Hubocan, 10-Miguel Danny (25-Sergei Semak 54), 15-Roman Shirokov, 27-Igor Denisov, 28-Axel Witsel, 11-Alexander Kerzhakov (20-Viktor Faitzulin 82), 29-Hulk.
Pelatih: Luciano Spalletti.

Liverpool: 25-Pepe Reina, 2-Glen Johnson, 3-Jose Enrique, 23-Jamie Carragher, 37-Martin Skrtel, 8-Steven Gerrard, 14-Jordan Henderson, 19-Stewart Downing, 24-Joe Allen, 31-Raheem Sterling (21-Lucas 78), 7-Luis Suarez.
Pelatih: Brendan Rodgers.

Wasit: Carlos Velasco Carballo.