Listrik Murah Untuk Masyarakat Miskin

Herlian (ka bappeda)MUKOMUKO,BE – Kabar gembira bagi masyarakat Mukomuko khususnya bagi warga miskin atau tidak mampu. Pasalnya tahun ini pemerintah daerah kembali berupaya mendapatkan program listrik murah. “ Kita usulkan sebanyak 700 kwh ke PT PLN satker listrik perdesaan,” ungkap Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Syahrizal melalui Kabid Energi dan Sumber Daya Mineral Bachtiar Syofian.
Rumah  warga yang belum teraliri listrik jumlahnya mencapai ribuan. Namun kebutuhan itu belum dapat direalisasikan secara sekaligus. Ditambah lagi kuota untuk Se Provinsi Bengkulu hanya berjumlah 1.123 kwh. Calon penerima program listrik murah itu selain warga miskin juga dinilai atau diprioritaskan masyarakat yang berlokasi di perkampungan nelayan atau daerah tertinggal yang telah tersedia jaringan tegangan rendah. ” Minimal jarak rumah dengan jaringan terdekat maksimal 30 meter  dan jarak dari rumah ke rumah makisimal 25 meter,” jelasnya.
Untuk kecamatan Kota yang telah diusulkan sebanyak 83, Teras Terunjam 39, Pondok Suguh 50, Air Rami 57, Teramang Jaya 20, Penarik 76, XIV Koto 44, Air Majunto 40, Air Dikit 33, Ipuh 126, Sungai Rumbai 46 dan Lubuk Pinang 51 kwh. “ Usulan ini sudah dilakukan pengurangan karena usulan dari seluruh kecamatan jumlahnya mencapai seribu lebih,” bebernya.
Pada program tahun 2012 lalu daerah ini mendapatkan sebanyak 530 kwh yang saat ini pemasangannya hampir selesai. “ Dari 530 sekitar 58 kwh lagi tengah dalam pemasangan,” demikian Bachtiar. (900)