Lirik Olahraga Rekreasi

Drs Noprianto MM
Foto:ist Drs Noprianto MM

PEMERINTAH Kabupaten Rejang Lebong melalui Dinas Pemuda dan Olahraga saat ini tengah melirik olahraga rekreasi di Kabupaten Rejang Lebong. Salah satu olahraga rekreasi yang akan dikembangkan di Kabupaten Rejang Lebong tersebut adalah olahraga paralayang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong, Drs Noprianto MM mengungkapkan pengembangan olahraga rekreasi sendiri merupakan petunjuk dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olaharaga. Dispora Rejang Lebong melirik olahraga rekreasi untuk dikembangkan selain memiliki dampak bagi kesehatan namun juga akan memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Kita ingin mengembangkan olahraga prestasi, karena memiliki dampak ekonomis yang tinggi bagi daerah nantinya,” sampai Nopri.

Karena menurut Nopri, berdasarkan pengamatan dibeberapa daerah yang telah mengembangkan olahraga rekreasi seperti paralayang tersebut, maka perekonomian didaerah tersebut sudah maju.

Sementara itu, terkait dengan persiapan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong untuk mengembangkan olahraga rekreasi khususnya paralayang. Nopri mengaku saat ini Dispora Rejang Lebong telah melakukan peninjauan dibeberapa lokasi yang memungkinkan untuk dijadikan lokasi pengembangan olahraga paralayang.

Beberapa lokasi yang telah dipantau oleh Dispora adalah seperti kawasan Danau Mas Harun Bastari. Namun menurutny kawasan DHMB belum bisa dipastikan karena ketinggiannya cocok atau tidak. Sementara itu, kawasan lain yang menurutnya cocok untuk ketinggian adalah dikawasan Pembangunan Spot Center di Kecamatan Bermani Ulu Raya. Hanya saja untuk lokasi mendaratnya yang masih jauh.



“Untuk membangun paralayang ini yang jelas harus ada landasan baikn untuk mendarat ataupun untuk lepas landas, dimana untuk lokasinya nanti tidak mesti ditanah pemerintah, namun bisa juga ditanah masyarakat,” paparnya.

Terkait dengan persiapan sendiri, Nopri mengaku karena pengembangan olahraga rekreasi tersebut adalah target dari kementerian, maka untuk tahun ini pihaknya akan menyusun desainnya terlebih dahulu, kemudian untuk tahun 2019 adalah Detail Engineering Design (DED) syukur-syukur menurut Nopri bisa langsung pelaksanaan karena anggarannya dari pusat.

“Sebenarnya tidak mesti paralayang, namun olahrag raga rekreasi lain juga bisa,” sampai Nopri. Beberapa olahraga rekreasi lainnya yang menurutnya bisa saja dan mungkin dikembangkan di Kabupaten Rejang Lebong tersebut seperti dayung, senam kebugaran dan sepeda BMX.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*