Lion Air Delay 4 Jam

Selang Bahan Bakar Bocor

Delay Lion Air
Delay Lion Air

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pesawat Lion Air dari Bengkulu tujuan Jakarta tertunda keberangkatannya atau delay selama lebih dari empat jam karena selang bahan bakar pesawat bocor.

Salah seorang penumpang Lion Air, Aris mengatakan, pesawat Lion Air JT 631 tujuan Bengkulu-Jakarta dengan waktu keberangkatan pukul 06.00 WIB pagi kemarin, harus ditertunda keberangkatannnya lantaran terjadi permasalahan teknis yang diakibatkan opipa selang bahan bakar pesawat bocor.

“Sekitar pukul 06.00 WIB kami sudah masuk pesawat tetapi selang 30 menit ada pengumuman dari pihak maskapai yang melarang untuk terbang karena ada selang minyak pesawat yang bocor,” ujar Aris, kemarin (15/1).

Permasalahan seperti ini bukan pertama terjadi, bahkan Aris mengaku dirinya juga pernah naik Lion Air dengan nomor penerbangan JT 633 dan juga harus mengalami penundaan keberangkatan atau delay lebih dari dua jam.

“Selang minyak bocor jelas sangat fatal, untung segera diketahui, kalau tidak, nyawa puluhan orang dalam bahaya,” sambung Aris.

Atas masalah tersebut pihak maskapai menyarankan para penumpang untuk pindah maskapai atau menunggu hingga teknisi memperbaiki kerusakan pesawat dan para penumpang akan diberangkatkan pada pukul 09.00 WIB. Tetapi hingga pukul 09.00 WIB tetap saja pesawat belum juga berangkat, dan pada pukul 10.30 WIB barulah pesawat Lion Air JT 631 sudah bisa beroperasi kembali dan siap berangkat ke Jakarta untuk mengantarkan para penumpang yang keberangkatannya ditunda hampir 4 jam.

“Karena saya ada urusan kerja di Jakarta, jadi saya disarankan pindah maskapai Garuda Indonesia,” tukas Aris.
Sementara itu, Kepala UPTD Bandara Fatmawati Bengkulu, Ir Agus Sasongko mengatakan, batalnya penerbangan maskapai Lion Air disebabkan oleh masalah teknis. Namun pihaknya tidak menjelaskan permasalahannya karena merupakan kewenangan pihak maskapai.

“Itu masalah teknis, info dari Lion Air sudah ada rencana digeser ke maskapai lainnya,” ujar Agus.
Terdapat sekitar puluhan penumpang dari maskapai penerbangan Lion Air yang gagal terbang akibat kejadian ini. Menurut jadwal yang telah ditentukan, seharusnya Lion Air dengan tujuan Bengkulu – Jakarta take off pada pukul 06.30 WIB, tetapi tidak jadi diberangkatkan karena masalah teknis.

“Jadwalnya sejak 06.30 WIB harusnya sudah take off, namun kesalahan teknis terjadi dan akan berbahaya bila dipaksakan untuk terbang,” terang Agus.

Pihaknya memastikan bahwa masalah teknis yang berujung pada batalnya penerbangan itu dialami oleh maskapai Lion Air dan bukan dialami oleh bandara.

“Bandara tidak ada masalah. Memang kalau faktor teknis menyangkut keselamatan penerbangan,” tutupnya. (999)