Lintas : Cetak Sawah Baru

cetak_sawah_baru-mukomuko
Bupati Mukomuko memprogramkan cetak sawah baru

AMEN,BE – Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi berharap pada musim tanam ini para petani di Kabupaten Lebong mampu meningkatkan hasil produksi dari tahun sebelumnya. Apalagi saat ini petani sudah didampingi oleh TNI. Tak hanya itu, Bupati juga berharap era kejayaan Kabupaten Lebong sebagai daerah lumbung padi di Provinsi Bengkulu dapat kembali diraih.

“Kita berharap dengan adanya TNI melakukan pendampigan terhadap petani akan mengembalikan Lebong sebagai daerah lumbung padi,” ungkap Rosjonsyah.

Diakui untuk mewujudkan hal tersebut masih terdapat beberapa kendala, diantaranya seperti semakin sempitnya lahan persawahan produktif akibat pembangunan perumahan yang dilakukan. Hal ini tentunya tak terlepas dari kondisi geografis Kabupaten Lebong yang sebagian besar merupakan Taman Nasional Kerinci seblat (TNKS). Dengan kondisi ini, maka Pemda Lebong berencana melakukan langkah cetak sawah baru yang diharapkan dapat meningkatkan produksi padi.

“Saat ini sebagian besar masyarakat kita petani penggarap, karena lahan sawah yang ada sebagian besar sudah dimiliki oleh pejabat yang memiliki uang. Dengan kondisi ini tentunya sangat dibutuhkan cetak sawah baru yang dapat meningkatkan produksi pangan,” kata Rosjonsyah. (777)