Linmas Ujung Tombak Pengamanan

PENGARAHAN: Bupati memberikan pengarahan pada Linmas di kantor Camat Pino Raya, Kamis (13/8).

PINO RAYA, bengkuluekspress.com – Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM mengatakan, peran satuan lindung masyarakat (Linmas) sangat penting bagi masyarakat. Sebab menjadi pendeteksi awal atas potensi-potensi konflik dan ketidaknyamanan di dalam masyarakat.

“Linmas merupakan ujung tombak pengamanan, jangan remehkan perannya,” katanya saat memberikan arahan kepada Linmas di kantor Camat Pino Raya, Kamis (13/8).

Dikatakan Gusnan, Linmas memiliki fungsi vital dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Sebab mereka yang membaur dan bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Linmas merupakan jajaran keamanan pertama yang turun langsung ke masyarakat. Sehingga ketika ada masalah di desa, Linmas turun langsung bersama Kades untuk menyelesaikannya.

“Diharapkan kepada masyarakat dapat mengerti akan tugas linmas, sebab merekalah nanti yang akan langsung berharapan untuk menyelesaikan masalah di desanya,” harap Gusnan.

Camat Kecamatan Pino Raya, Hendry Farizal SE mengatakan kegiatan pengarahan oleh Bupati kemarin, diikuti oleh Linmas dari 3 Kecamatan yakni Kecamatan Kota Manna, Kecamatan Pino, Kecamatan Ulu Manna, Dirinya berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat serta mampu mendorong pemberdayaan masyarakat untuk mencintai profesi Linmas sebagai suatu profesi yang mulia. Dirinya juga berpesan agar Linmas dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Sebab Linmas sangat berperan penting sebagai ujung tombak pengamanan masyarakat.

“Semoga anggota Linmas dapat bangga menjadi pengamanan di desanya,” ujar Hendry. (asri)