Lima SMP Siap Gelar UNBK

Ilustrasi UNBK
Ilustrasi UNBK

TAIS, Bengkulu Ekspress – Pada pelekasanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018, terdapat 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Seluma, sudah siap melaksanakan UNBK. Sementara sekolah lainnya masih menyelenggarakan UN tertulis.

“Sejauh ini baru lima sekolah ini yang sidah layak melaksanakan UNBK ini,”tegas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Muksir Ibrahim SPd melalui Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Sukiman, M.Pd kepada Wartawan kemarin.

Sekolah yang siap UNBK itu, seperti pada SMP 6, SMP 5, SMP 27, SMP 19 dan SMP 18. Saat ini jumlah SMP di Kabupaten Seluma saat ini sebanyak 47 sekolah. Jumlah SMP penyelenggara UN sebanyak 43 sekolah. Ada sekolah yang UN-nya digabung untuk sekolah yang jumlah siswanya sedikit.

Adapun jumlah peserta UN tingkat SMP/MTs di Kabupaten Seluma, sebanyak 3.150 siswa. Dengan rincian untuk SMP sebanyak 2.802, sedangkan untuk MTs sebanyak 388 siswa. Saat ini semua sekolah sudah menyampaikan daftar murid yang akan mengikuti UN tahun ini sehingga tidak ada perubahan jumlah peserta. Kecuali nanti ada siswa yang drop out atau berhalangan mengikuti ujian semisal sedang sakit.

“Semua peserta yang sudah terdaftar bisa mengikuti UN tahun ini, khusus bagi peserta UNBK diharapkan sudah bisa menambah jam belajarnya,” imbuhnya.

Mengenai masalah tambahan belajar diluar jam sekolah. Kabid SMP mengaku menjadi kewenangan sekolah. Karena bagi sekolah yang walimuridnya bersedia membantu biaya tambahan dan transportasi bagi guru yang mengajar diluar jam sekolah.

“Silahkan saja untuk menmabah jam belajarnya tapi tanpa mengurangi dan menganggu jam belajar,”imbuhnya singkat.

Menurut Sukiman, mata pelajaran yang diujikan, diantaranya bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA). (333)