Lima Program Dilauching Wapres

EKO/Bengkulu Ekspress
RAPAT: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memimpin rapat bersama (OPD) persiapan wapres ke Bengkulu, di Ruang VIP Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, Kamis (7/2).

Hari Ini Pematangan di Sekneg

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla akan datang ke Provinsi Bengkulu pada tanggal 15 Februari mendatang dalam acara Tanwir Muhammadiyah ke-51. Dalam sela kedatangan wapres itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu sudah menyiapkan lima program yang bisa dilauching oleh wapres.

Program-program yang dipersiapan itu sebelumnya akan dilauching oleh Presiden Joko Widodo saat hadir dalam acara Tanwir Muhammadiyah. Namun kedatangan presiden sendiri yang diundang itu sebagai calon presiden (capres).

Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA mengatakan, lima agenda tambahaan saat wapres ke Bengkulu itu masih dibahas bersama Sekretariat Negara (Setneg). “Besok (hari ini,red), kita bahas agenda tambahan ini dengan setneg,” terang Rohidin, kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (7/2).

Dipaparkannya, lima program yang bisa dilauching oleh wapres itu sudah dibahas bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saat melakukan rapat persiapan di Ruang VIP Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.  Seperti, peresmian pengemasan Semen Padang di area rencana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pulau Baai Bengkulu. Lalu, wapres juga diminta untuk meresmian pemanfaatan Integrated Terminal Operating System (ITOS) di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. “Investasi yang ada di KEK itu bisa dilauching,” paparnya.

Tidak hanya itu, penyerahan asuransi nelayan kepada nelayan di 7 (tujuh) Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu juga akan dilakukan. Begitupun agenda selanjutnya, yaitu penandatanganan komitmen bersama percepatan pelepasan Badan Layanan Umum (BLU) Bandara Fatmawati oleh Kementerian Keuangan, yang dilanjutkan dengan Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara PT Angkasa Pura II dengan Kementerian Perhubungan RI.



“Terakhir ada, penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) antara Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan PT Penjaminan Infrastruktur lndonesia (Pll) tentang komitmen penjaminan proyek Kerjasama Pemerintah Badan Usaha Pembangunan Rel Kereta Api dari Pulau Baai ke Kota Padang, Provinsi Bengkulu,” terang Rohidin.

Dijelaskannya, kegiatan tambahan Wapres itu akan dibahas langsung oleh Asisten I Setdaprov Bengkulu Hamka Sabri bersama jajaran di Setneg. Termasuk juga nantinya akan diikut sertakan Danrem 041/Gamas Bengkulu, Polda Bengkulu ikut melakukan pematangan secara teknis di Sekneg. “Nanti disepakati bersama sekneg,” ungkapnya.

Rohidin berharap, usulan kegiatan tambahaan itu bisa disepakati oleh Setneg. Sehingga wapres kedatangannya ke Bengkulu, bisa memberikan semangat untuk merealisaskan program untuk melakukan percepatan ekonomi di Bengkulu. “Mudah-mudahan disepakati,” tutup Rohidin. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*