Lima Nama Balon Wagub Dikembalikan

FOTO: Rohidin Mersyah

Gubernur Hanya Minta Dua

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah telah menerima nama-nama calon wakil gubernur (cawagub) yang telah diusulkan oleh empat partai pengusung. Lima nama itu ialah Herliardo Sag dari PKB, Muslihan DS dari Partai Hanura, Harmedi Rian dari PKPI dan dua nama cawagub dari Partai Nasdem yaitu Dedi Ermansyah dan Rusli Yakub.

Meski empat partai pengusung telah menyerahkan nama cawagub tersebut, namun demikian gubernur menolak untuk memilih dua nama yang akan diserahkan ke DPRD Provinsi. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menegaskan, kewenangan memilih dua nama itu dari partai pengusung. Sehingga gubernur hanya akan menerima dua nama yang akan diserahkan ke DPRD Provinsi.

“Sesuai dengan UU, dua nama itu ditentukan oleh partai pengusung. Jadi silahkan parpol pengusung untuk bermusyawarah dua nama kepada saya,” terang Rohidin kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (21/5).

Dijelaskanya, memang gubernur memiliki kewenangan untuk memilih dua nama dari beberapa nama yang diusulkan. Namun demikian, gubernur juga memiliki kewenangan untuk menyerahkan kembali kepada parpol pengusung untuk dipilih dua nama. “Dari lima nama yang ada, saya sepakat. Saya akan menerima, siapapun dua nama itu yang dipilih oleh parpol pengusung,” ujarnya.

Untuk waktu penyerahan dua nama itu ke gubernur, itu menjadi kewenangan parpol pengusung. Sebab, sesuai dengan UU pengisian wagub itu ditentukan 18 bulan sebelum habis masa jabatan kepala daerah. “Intinya segaralah dari parpol pengusung untuk menyerahkan,” papar Rohidin.

Terkait surat dari DPRD Provinsi yang dideadlien sampai hari kemarin (21/5), gubernur juga telah membalas surat tersebut. Termasuk alasan gubernur belum menyerahkan dua nama tersebut ke DPRD. Mengingat saat ini masih dalam proses pemilihan dua nama cawagub oleh parpol pengusung. “Surat jawabannya sudah saya serahkan dengan DPRD,” tegasnya.



Sementara itu, Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Bengkulu, Ferry Ramli yang kemarin langsung menemui gubernur untuk menyerahkan dua nama cawagub itu mengatakan, Partai Nasdem memang menyerahkan dua nama cawagub. Banyaknya nama cawagub yang diusulkan tersebut, hal ini untuk memberikan kesempatan bagi kader untuk menjabat posisi jabatan tertinggi di pemerintahaan. “Ya memang kita kirimkan dua nama itu gubernur,” ungkap Ferry.

Meski gubernur menyerahkan sepenuhnya kepada empat parpol pengusung untuk memilih dua nama, Ferry menegaskan dirinya akan berkonsulidasi bersama parpol pengusung lainnya untuk menentukan dua nama tersebut ke gubernur. “Kalau dari Nasdem nanti ikut saja, mana yang terbaik. Kita nanti ketemu dulu dengan parpol pengusung lainnya,” tegasnya.

Meski sudah menentukan dua nama cawagub, namun demikian Ferry menegaskan, Partai Nasdem akan tetap menerima, meskipun dua nama cawagub yang diusung tidak dipilih. Terpenting menurut Ferry, cawagub nantinya harus bertekat kuat untuk membangun Bengkulu, bersama dengan gubernur. “Tidak masalah kalau tidak dipilih. Tidak apa-apa. Yang penting bisa sama-sama membangun Bengkulu,” pungkas Ferry. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*