Lima Korban Pasung Dievakuasi

Drs Heriyadi

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Dinas sosial Bengkulu Selatan (BS) akhir tahun ini kembali melakukan evakuasi terhadap korban pasung di Bengkulu Selatan. Rencananya hari ini ada beberapa korban pasung akan dievakuasi. “ Besok (hari ini red), ada 5 korban pasung yang akan kami evakuasi,” kata kepala Dinas Sosial Bengkulu Selatan, Drs Heriyadi melalui kabid Rehabilitasi Sosial, Puji Sri Handayani S Sos didampingi Kasi Penyandang Disabilitas, Agus Suharto S Sos.



Agus mengatakan ke-5 korban pasung yang akan dievakuasi tersebut yakni Fiki, warga Desa pasar Baru, Seginim. Yoh Tarni, warga Desa Palak Padang Seginim, Dahirin warga Desa Darat Sawah Seginim, Yunus warga Desa Napal Melintang, Pino Raya dan Dodi warga Desa Lubuk Resam Kecamatan Kedurang. “ Keluarga sudah menyetujuinya ke-5 korban pasung ini dievakuasi,” ujarnya.

Agus menambahkan, dengan adanya 5 korban pasung yang akan dievakuasi hari ini, maka sudah puluhan korban pasung di Bengkulu Selatan yang sudah dievakuasi. Sehingga saat ini hanya beberapa orang saja yang belum dievakuasi. Adapun rinciannya ada 3 korban yang masih dipasung yakni 1 orang di Palak Sarak, Kota Manna, 1 orang lagi di Padang Pematang Kota Manna serta satu orang di kedurang.

Selain itu, ada 3 orang lagi warga Bengkulu Selatan yang mengalami gangguan jiwa. Namun ke-3 orang tersebut tidak dipasung. Mereka hanya keluyuran di sepanjang jalan dalam wilayah Bengkulu Selatan. Ke-3 orang tersebut yakni Anit, Yatar dan Nop. “ Program tahun 2019, ke-6 orang ini akan kami evakuasi ke Rumah Sakit Jiwa Soeprapto Bengkulu,” terang Agus. (369)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*