Lima Dokter Spesialis Tak Ada Pelamar

Foto : IST

16 Desember Pengumumnan Administrasi

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Panitia Seleksi CPNS Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu resmi menutup pendaftaran CPNS tahun 2019. Total pendaftar mencapai 731 orang, sementara yang mengisi formulir pendaftaran sebanyak 790 orang. Dengan demikian, ada 59 orang gugur lantaran tidak mengunggah persyaratan yang telah ditentukan.

“Jadi yang resmi mendaftar itu sebayak 731 orang. Pendaftar ini sudah menentukan formasi yang dilamarnya,” terang Kepala Badan Kepegawaian dan Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi melalui Plh Kabid Pengadaan Pemberhentian Informasi Kepegawaian (PPIK), Sudibiyo SPsi kepada BE, kemarin (27/11).

Tidak hanya itu saja yang gugur, pelamar yang telah mendaftar dengan mengunggah persyaratan juga ada yang gugur. Setelah melakukan verifikasi sementara, ada puluhan pelamar yang gugur. Namun belum final, mengingat proses verifikasi berkas masih dilakukan oleh tim BKD Provinsi Bengkulu. “Proses verifikasi masih kita lakukan,” tambahnya.

Menurut Sudibiyo, pelamar yang tidak lulus verifikasi dikarenakan beberapa faktor kesalahaan. Seperti pelamar yang salah menentukan formasi jabatan yang tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan. Kemudian, ada juga pelamar cumlaude, yang tidak sesuai dengan persyaratan.

Harusnya cumlaude sesuai aturan yakni universitas dan program studi sudah akreditasi A. Namun ada cumlaude dengan Universitas akriditasi A, namun program studinya masih akreditasi B. “Kesalahaan seperti ini masih banyak terjadi,” tutur Sudibiyo.

Ia menegaskan, jika permasalahan identitas, seperti KTP dan KK perlu legalitas Dukcapil tidak menjadi persoalan. Asalkan pelamar bisa mendaftar dengan menggunakan nomor NIK KPT dan KK tetap akan menjadi pertimbangan untuk diluluskan verifikasi.

Sebab, Obmudsman juga telah memberikan arahan untuk tidak mempersulit syarat pendaftaran yang berhubungan dengan administrasi indentitas pribadi. “Kalau soal ini bisa dimaklumi. Bahkan provinsi juga sudah memberikan imbauan kepada kabupaten untuk tidak mempersoalkan masalah ini. Asal bisa mendaftar,” ungkapnya.

Proses verifikasi berkas akan dilakukan sampai tanggal 12 Desember mendatang. Nantinya BKD akan mengumumkan secara online siapa peserta yang lulus administrasi dan tidak. Proses pengumuman akan dilakukan tanggal 16 Desember mendatang. “Setelah pengumuman akan kita berikan masa sanggah 3 hari. Jika ada pelamar yang keberatan atau mempertanyakan atas tidak lulusnya seleksi adminitasi,” tegasnya.

Pelamar bisa memberikan sanggahan nantinya secara online pada pengumuman. Nantinya BKD akan memberikan jabawan selama 7 hari. Jika telah selesai semua, maka pada tanggal 26 Desember akan diumumkan secara final, lulus dan tidak. “Kalau sudah tanggal 26 Desember itu final. Tidak ada masa sanggah lagi,” terang Sudibiyo.

Untuk diketahui, dari 731 orang pelamar, pelamar formasi tenaga pendidikan sebanyak 424 orang 27 guru yang dibutuhkan. Kemudian tenaga kesehatan sebanyak 7 orang pendaftar dari 9 formasi jabatan yang dibutuhkan dan tenaga teknis sebanyak 300 orang dari 4 orang yang akan diterima. Sementara jabatan yang kosong pelamar ada sebanyak 5 jabatan di formasi tenaga kesehatan.

Yaitu tenaga Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik, Dokter Spesialis Mata, Dokter Spesialis Paru, Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin dan Dokter Spesialis Bedah Torak Kardiovaskuler. “Kalau tenaga guru dan teknis, merata terisi semua,” pungkasnya. (151)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*