Lima Bumdes Dapat Kendaraan Khusus

TAIS, Bengkulu Ekspress – Sebanyak Lima Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Seluma, dipastikan mendapatkan kendaraan oprasional khusus jenis double gardan. Bantuan kendaraan dari dana Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian. Bumdes mendapatkan kendaraan operasional, karena saat ini kondisi desa bersangkutan berada di kawasan pedalaman, serta jalannya sulit dijangkau.

“Untuk mobil desa (mobdes) diserahkan dalam waktu dekat. Sebanyak lima desa akan mendapatkan kendaraan khusus double gardan. Sesuai dengan medan nya yang memang berat,” tegas Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Seluma Erlan Suadi SP Map kepada Bengkulu Ekspress.

Dijelaskan, lima Bumdes tersebut, Desa Pandan Kecamatan Seluma Utara, Cugung Langu Kecamatan Semidang Alas (SA), Pagar Kecamatan Ulu Talo, Tanjung Agung Kecamatan Ulu Talo, serta Desa Padang Batu Kecamatan Ilir Talo.
Selain itu, 24 bumdes lainnya yang akses jalannya bagu diberikan mobdes jenis bak terbuka, seperti pada 2018, mobil Suzuky Carry yang diberikan.“Tahun ini sebanyak 29 unit dan 24 untuk Bumdes yang memang akses jalannya bagus,” ujarnya.

Erlan berharap, mobdes ini bukan digunakan untuk operasional kepala desa (kades), tetapi untuk pengembangan dan bantuan operasional BUMDes. Itulah sebabnya sebelum menerima kendaraan, desa diwajikan membentuk BUMDes.

“Sebanyak 29 unit mobdes diserahkan dalam waktu dekat. Ini kendaraan operasional untuk BUMDes. Bukan untuk operasional kades. Jadi harus diperhatikan betul” tegasnya.

Kemudian, Kepala Dinas Perkim menambahkan, sampai 2019 ini. Jika ditambahkan dengan 29 unit yang sebentar lagi dibagikan. Maka dari 182 desa di Kabupaten Seluma. Saat ini sudah sebanyak 120 desa mempunyai mobdes.  Kemudian, secara bertahap, Dinas Perkim mengusulkan kembali untuk desa yang belum mendapatkan kendaraan. Sehingga semua desa ini bisa memiliki kendaraan, srta bisa mendukung operasional BUMDes mereka. Untuk kepentingan desa serta bisa membantu penerimaan PADes bagi desa bersangkutan. (333)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*