Libur, Dukcapil Lebong Layani 62 Pengurusan Adminduk


ERICK/BE
LAYANAN: Petugas pelayanan Ducapil Lebong ketika melayani masyarakat yang akan mengurus Adminduk.

LEBONG, BE – Selama dilaksanakannya cuti bersama, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong tetap membuka pelayanan bagi masyarakat yang akan melakukan pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk). Setidaknya Dinas Dukcapil telah memberikan pelayanan sebanyak 62 pelayanan kepada masyarakat.
Kepala Dukcapil Kabupaten Lebong, Elva Mardiana SIp MSi mengatakan, bahwa untuk Kabupaten Lebong memang diberlakukannya libur mulai dari hari Rabu hingga Jumat (28-30/10) libur nasional dan cuti bersama. Sementara hari Sabtu (31/10) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong memang hari libur (penerapan 5 hari kerja).
“Akan tetapi selama libur dan cuti bersama, kita tetap melayani masyarakat yang melakukan pengurusan adminduk,” jelasnya, Minggu (01/11).

Menurutnya, sejak berlangsungnya cuti bersama dan libur nasional, pihaknya menyiapkan sistem piket untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Lebong. Terbukti selama hari libur, banyak masyarakat yang melakukan pengurusan adminduk.
“Jika dokumen bisa diselesaikan pada hari itu juga maka masyarakat tinggal menunggu, namun jika memang belum lengkap maka petugas meminta untuk melengkapinya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setidaknya selama memberikan pelayanan kepada masyarakat sejak Kamis hingga Sabtu (29/31), ada sebanyak 62 pelayanan adminduk yang dilakukannya. Yaitu pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E) ada sebanyak 24 layanan, legalisir sebanyak 11 pelayanan, kosulidasi data sebanyak 17 layanan, penerbitan Nomor Induk Keluarga (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) masing-masing 2 dan 3 pelayanan.
“Sementara sisanya masing-masing 1 pelayanan, yaitu surat kedatangan, pindah datang, Akta Kematian, Akta Kelahiran dan pencetakan KIA,” ujarnya.

Ditambahkan Elva, dibukanya pelayanan selama libur nasional merupakan salah satu upaya dari Dukcapil untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Lebong. Karena tidak sedikit masyarakat yang memiliki waktu untuk melakukan pengurusan ketika adanya hari libur.
“Untuk itulah, kita meskipun hari libur akan tetap berusaha untuk tetap melayani pengurusan adminduk,” tutupnya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*