Libatkan KPA

Foto; Eddy Apriyanto

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, kembali melakukan penyelamatan wilayah pesisir khususnya di lahan kritis di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko. ”Kita melakukan penyelamatannya dengan menanam dua ribu tanaman mangrove, ” ungkap Kepala DKP Kabupaten Mukomuko, Eddy Apriyanto. Pada pelaksanaan itu nantinya, pihaknya akan melibatkan Kelompok Pencinta Alam (KPA) yang berada di daerah ini.

“Komunikasi ke beberapa komunitas penggiat lingkungan dan KPA telah kita lakukan.Tinggal komunikasi lebih lanjut hingga waktu pelaksanaan di lapangan,”katanya.

Dalam kegiatan tersebut tersedia anggaran sekitar Rp 50 juta di OPD tersebut. Anggran itu direncanakan mampu menanam sebanyak dua ribu tanaman mangrove.  “Kita masih mencari regulasi yang tepat untuk menyerahkan kegiatan ini kepada komunitas atau KPA. Karena denagn harapan, jika ini dilakukan oleh KPA, kegiatan tidak hanya sebatas penanaman, tetapi juga bisa berkelanjutan hingga pemeliharaan. Sehingga program ini bisa berjalan lebih maksimal dan sesuai dengan harapan,”katanya.



Menurutnya, khusus jenis tanaman bakau atau sejenis dilakukan pola tanam kelompok. Ini bakal dilakukan berpedoman dari pengalaman di daerah lain yang sudah dilakukan dan pola tanam tersebut lebih efektif. ”Jika program ini berjalan lancar, kemungkinan besar akan brelanjut dengan sasarannya wilayah kecamatan lainnya khususnya wilayah pesisir yang lahannya kritis,”lanjut Eddy.(900)