Libas Leeds 5-1, Chelsea Melaju ke Semifinal

Bek Chelsea Ivanovic melakukan selebrasi
Bek Chelsea Ivanovic melakukan selebrasi

Sempat tertinggal, Chelsea berhasil membalikkan keadaan dan menghajar Leeds United 5-1 pada perempat final Piala Liga Inggris di Stadion Elland Road, Rabu atau Kamis (20/12/2012) dini hari WIB. Leeds unggul lebih dulu pada babak pertama, sebelum Chelsea memberedel lima gol di paruh kedua melalui Juan Mata, Branislav Ivanovic, Victor Moses, Eden Hazard, dan Fernando Torres.

Chelsea langsung menyengat sejak menit-menit awal. Tampil dengan kekuatan penuh, kombinasi Juan Mata, Victor Moses, dan Oscar di lapangan tengah berkali-kali menciptakan peluang di barisan pertahanan tim tuan rumah.

Namun, Leeds bukan tanpa serangan. Mengandalkan serangan balik yang cepat, tim asuhan Neil Warnock itu memperoleh peluang emas melalui Jason Pearce pada menit ke-19. Sayang, meski mendapat ruang tembak cukup baik, bola tendangannya masih melenceng tipis ke arah kiri gawang Peter Cech.

Karena keasyikan menyerang, barisan pertahanan Chelsea kurang konsentrasi. Hal itu kemudian dimanfaatkan Leeds untuk mengubah skor menjadi 1-0 berkat torehan Becchio pada menit ke-37.

Gol itu berawal dari kesalahan David Luiz yang meninggalkan posnya untuk membantu serangan. Namun, ia salah umpan dan pemain Leeds dengan cepat langsung menguasai bola yang langsung dikirim kepada Jerome Thomas di sisi kiri lapangan yang kemudian memberikan umpan tarik kepada Becchio yang berujung gol.

Selepas turun minum, Chelsea langsung menekan. Usaha itu pun berbuah hasil ketika Mata mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-47. Menerima umpan Moses, ia melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang yang bolanya tidak dapat diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Ashdown.

Gol itu seakan membangkitkan semangat para pemain Chelsea. Alhasil, pada menit ke-67, The Blues berhasil berbalik unggul setelah Ivanovic mampu memaksimalkan umpan tendangan pojok Frank Lampard untuk menaklukkan Ashdown dengan sundulan kepalanya.

Tiga menit berselang, Moses membuat pendukung tim tamu kegirangan setelah turut menyumbang gol. Melakukan penetrasi dari luar kotak penalti, ia kemudian melepaskan tendangan keras terarah yang bolanya masuk ke pojok kanan gawang Leeds.

Unggul 3-1 tak membuat Chelsea menurunkan intensitas serangan. Bahkan, tim asuhan Rafael Benitez itu mampu menambah dua gol melalui kreasi pemain pengganti Hazard dan Torres pada menit ke-81 dan 84. Skor pertandingan pun ditutup dengan keunggulan 5-1 untuk Chelsea.

Dengan hasil itu, Chelsea lolos ke semifinal. Dalam babak tersebut, The Blues akan menghadapi salah satu dari Swansea, Bradford, dan Aston Villa yang lebih dulu sudah memastikan lolos. (**)

Susunan Pemain:
Leeds:
 12-Jamie Ashdown, 2-Lee Peltier, 4-Tom Lees, 5-Jason Pearce, 7-Paul Green, 9-Jerome Thomas (14-Aidan White 68), 17-Michael Brown (19-David Norris 72), 18-Michael Tonge, 25-Samuel Bryam, 10-Luciano Becchio, 21-El-Hadji Diouf (44-Ross McCormack 72).

Chelsea: 1-Petr Cech, 2-Branislav Ivanovic, 4-David Luiz, 28-Cesar Azpilicueta, 34-Ryan Bertrand (3-Ashley Cole 74), 8-Frank Lampard, 10-Juan Mata, 11-Oscar, 13-Victor Moses, 21-Marko Marin (17-Eden Hazard 60), 9-Fernando Torres.