Lestarikan Batu Akik

Eddy, menununjukkan hasil koleksi batuk akiknya yang mencapai puluhan jenisARGA MAKMUR, BE – M Dedi Kekea (54) warga Desa Lubuk Sahung Kecamatan Arga Makmur yang juga sebagai Kadun IV desa tersebut, memiliki hobi yang sangat unik, yakni mengoleksi batu akik. Batu-batu itu diambil dari tepi laut Bengkulu Utara, tepatnya di Desa Urai, Desa Air Lakok, Desa Tebing Kandang, Air Padang, dan Tapak Jalak.Jenis batu akik yang dikumpulkan sudah mencapai 20 jenis, mulai dari jenis Giok, Sulaiman, Ulung Super, Limau Mani, teratai dan sebagainya, “Saya memang hobi mengkoleksi batu ini untuk dijadikan cincin,” kata Dedi.

Bahkan akibat hobinya itu, Dedi memiliki alat pengerajin batu akik. Hobi yang ia tekuni itu sudah dilakoninya selama 1 tahun lebih. Bahkan dia mengakui akibat hobi itu juga memberikan tambahan pendapatan untuknya.”Jika hobi ditekuni hasilnya akan lumayan untuk menambah penghasilan,” bebernya.

Saat ini pengerajin batu akik cukup terbata, hanya ada dua orang pengrajin yakni di pasar Purwodadi Arga Makmur. Sementara untuk mengerjakan batu akik tersebut dalam dua jam bisa mencapai tiga hingga lima jenis batu, “Potensi yang ada itu bisa menarik pemerintah daerah untuk mengembangkannya dan menjadi salah satu potensi daerah,” harapnya. (117)