Lepas Tukik di Pantai Muare Skube

LEPAS PENYU DKP Kaur bersama kepala SKPD dan perangkat desa ,  saat melepas anak penyu di Pantai Muare Skube  (2)
NASAL, BE – Sebagai bentuk upaya pelestarian penyu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaur secara resmi melepas sebanyak 72 ekor tukik (anak penyu) ke laut lepas, di Pantai Muare Skube Desa Ulak Pandan Kecamtan Nasal, Rabu (20/5).
“Ditahun 2015 ini, kami menargetkan untuk bisa menangkarkan sekitar 3 ribu tukik, untuk dilepaskan kembali ke laut,” kata Kepala DKP Kaur, Ir Yetmenson saat sebelum melepaskan tukik.
Anak penyu ini dilepas lantaran DKP menilai sudah saatnya mereka hidup di alam bebas. Setelah sebelumnya sempat ditangkarkan di penangkaran penyu di Pusat Pendaratan Ikan(PPI) Muara Sambat selama dua bulan terakhir ini.
“Anak penyu ini berasal dari pengakaran yang sudah dilakukan DKP sepanjang tahun 2015 ini, telur telur penyu itu sendiri sebelumnya kita dapatkan dari warga yang menemukan dipantai dan kuatir kalau dimangsa oleh binatang buas,” terangnya.
Pihaknya juga menghimbau kepada warga Kaur yang menemukan telur penyu untuk secara terbuka menyerahkan dengan DKP. Pihaknya tidak akan menyiayiakan jerih payah warga bila menemukan adanya telur penyu tersebut.
Telur telur penyu itu bila ditemukan akan direlokasi ke lokasi penangkaran untuk diamankan dan bila sudah menetas akan dilepas kealam bebas.
“Saat ini yang siap menetas ada kisaran 100 ekor lagi itu berasla dari 5 lobang telur penyu yang berhasil ditemukan warga setiap lobang sisinya berpariasi mulai dari 60 sampai 120 butir dalam satu lobang,” ujarnya.
Ditambahkanya, sebelumnya warga menemukan penyu-penyu tersebut bertelur di pasir sepanjang pantai Kecamatan Kaur Selatan dan Nasal. Menurutnya paling banyak penyu bertelur dekat muara yang pasirnya empuk. Sehingga saat ditemukan warga langsung disampaikan ke DKP untuk diamankan. Upaya ini sebagai bentuk soladaritas warga menyelamatkan populitas penyu yang saat ini sudah mulai langka di Kaur.
“Kepada masyarakat yang sudah menjadi inisiator pelestrain penyu kami ucapkan terima kasih, sedangkan warga yang masih belum meyadari kami mengajak untuk smaa sama melestarikan penyu di kabupaten Kaur,”
Sementara itu, Asisten II Pemda Kaur Drs. Rolan Haidi mengatakan, pihaknya berharap pelepasan tukik penyu hasil penangkaran rumah penyu tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berlibur di pantai Muare Skube tersebut.
“Kita berharap tukik yang dilepas ini bisa selamat sehingga populasi hewan langka yang dilindungi Undang Undang (UU) itu. Juga ini rangka menyambut Hut Kaur ke 12 tahun,” jelasnya.
Pelepasan tukik yang di gelar di pantai Muare Skube desa Ulak Pandan Kecamtan Nasal, turut hadir Kepala SKPD, FKPD dan sejumlah Staf DKP serta perangkat desa setempat.(618)