Lele Terbang Menggoyang Lidah

Foto : IST

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Kedai Lele Terbang di Jalan Merapi Raya, Kebun Tebeng, Kota Bengkulu, memiliki menu andalan yang namanya sama dengan nama kedainya Lele terbang. Yakni, ikan lele yang digoreng krispy lalu dibentuk seperti ikan lele yang sedang terbang. Ikan lele ini rasanya sangat menggoyang lidah.

“Saya membuat lele terbang ini biar terkesan unik dari yang lainnya,” ujar Pemilik Kedai Lele Terbang, Herpemi Fitriani (23), saat di wawancarai Bengkuluekspress.com Jumat (24/1).

Ikan Lele Terbang yang dijual di kedai Kedai yang buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB ini. Bahannya pembuatannya antara lain, Ikan Lele segar, tepung terigu, bawang merah, bawang putih, garam, lada, ketumbar dan penyedap rasa. Cara mengolah ikan Lele dengan membelah sisi kiri dan kanan ikan. Lalu, daging bagian bawah ekor hingga mendekati sirip kepala lele diiris.

Proses memasak ikan tersebut, siapkan juga adonan tepung terigu secukupnya. Kemudian, letakkan ikan Lele ke dalam adonan sampai merata. Lalu goreng dalam minyak panas selama 15 menit. Setelah selesai di goreng ikan lele terbang krispy itu lalu di sajikan ke dalam piring lengkap dengan nasi hangat, timun, tempe goreng, tahu goreng dan lalapan. Untuk pelengkap nikmatnya menyantap ikan lele terbang ini owner Kedai Ikan Terbang menambah kan sambal yang sangat pedas. Cabai yang di gunakan cabai setan yang membuat konsumen merasakan sensasi pedas hingga melototkan mata.

“Saya memilih cabai setan ini supaya punya ciri khas yang berbeda dan membuat ikan lele terbang menjadi nikmat,” ungkap Herpemi Fitriani.

Selain menu utama Lele Terbang, kedai ini juga menawarkan menu makanan lain, seperti, ayam gerpek, nasi goreng, mie goreng, dan ceker mercon. Aneka makanan tersebut memiliki harga yang berbeda, mulai dari Rp 8 ribu sampai Rp 15 ribu rupiah per porsi. Kedai Ikan Terbang pun juga menyediakan aneka minuman, seperti green tea matcha, chocolate frappe, es bubble, jus jeruk, jus alpokat, jus semangka, jus melon, jus mangga, jus nanas dan capucino. “Harganya mulai Rp 4 ribu sampai Rp 10 ribu,” kata Herpemi. Febi Andriyani (20), salah satu konsumen merasa puas dengan fasilitas dan rasa makanan serta minuman yang berada di Kedai Lele Terbang. “Selain harganya yang murah, saya merasa puas karena free wifi. Kemudian, rasanya sangat enak dan tidak mengecewakan,” ujar febi. (mg18)