Legislator Sejati

Panca Darmawan; Caleg Hanura

Panca DarmawanPENGACARA kondang ini memutuskan untuk terjun ke dunia politik karena terpanggil untuk memerankan fungsi legislator yang sesungguhnya. Pasalnya ia menilai, saat ini terlalu banyak anggota dewan yang terpilih namun tidak memahami peran dan fungsi yang harus dijalankan. “Tujuan saya untuk maju ini sederhana, saya ingin menjadi legislatir sejati,” kata pria kelahiran Bengkulu, 10 November 1959 ini.
Dicontohkannya, banyak anggota dewan yang saat ini kurang mengerti pentingnya peran anggaran yang dimiliki oleh dewan yang terpilih. Padahal, menurut dia, bila peran ini dapat dijalankan dengan baik, maka kesejahteraan rakyat dapat terjamin. “Tidak sedikit mereka yang gagap tatkala melakukan analisa anggaran. Kalau tidak bisa memahami, bagaimana bisa membuat penganggaran yang mensejahterakan rakyat. Nah, saya bertekad untuk merubah ini,” ujarnya.
Dalam mengahadapi pemilihan umum 2014 nanti, pria yang maju dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dari Dapil Bengkulu Utara dan Bengkulu Tengah ini merasa optimis dapat memenangkan pertarungan di dapilnya meski hanya dengan nomor urut 5. “Kalau kita tahu apa yang diinginkan rakyat, kita pasti dapat meyakinkan mereka agar mau memilih kita nanti,” pungkasnya. (009)