Lebong Wacanakan Pembangunan RS Paru

LEBONG SAKTI, BE – Kabupaten Lebong mempunyai peluang besar untuk mempunyai sebuah rumah sakit khusus paru. Hal itu dikarenakan tingginya angka prevalensi penyakit paru di Kabupaten Lebong ini sehingga sangat diperlukan sebuah rumah sakit paru untuk menangani kasus paru terutama yang sangat berat seperti penyakit paru tuberkulosis.

Bupati Kabupaten Lebong H Rosjonsyah SIp MSi saat melakukan sidak ke RSUD Lebong pada Jumat (23/11) lalu saat melihat pasien yang mengalami penyakit pernapasan mengatakan jika pasien yang menderita gangguan pernapasan tersebut harus mendapat perawatan intensif dan penanganan khusus. Untuk itu, jika perlu di Lebong akan dibangun rumah sakit Paru. “Kalau penyakit gangguan pernapasan itu seharusnya ada ruangan khususnya yang udaranya harus segar dan terbebas dari asap rokok dan sebagainya. Tidak bisa digabung dengan pasien lainnya,” jelas bupati saat mengunjungi RSUD Lebong.

Selain itu, Plt Direktur RSUD Lebong Rita Eliza SKM MM saat dikonfirmasi wartawan mengenai hal tersebut mengatakan jika untuk usulan pembangunan rumah sakit Paru tersebut sudah pernah diusulkan ke pusat. Lokasi rumah sakit itu dipersiapkan di wilayah Rimbo Pengadang dekat perkebunan Jeruk Gerga. Hal tersebut dikarenakan udara sejuk, segar dan bebas dari polusi menjadi sangat cocok untuk dibangun RS Paru. “Nah saat itu pusat sangat merespon, tetapi pemerintah pusat menyuruh kita untuk membangun serta memaksimalkan RSUD Lebong dahulu. Hingga saat ini belum ada kejelasan tindak lanjut mengenai usulan itu,” tukas Rita.(777)